Connect with us

Pemprov Banten

Insipirasi Nusantara di Banten Diharapkan Fasilitasi Pemuda Tingkatkan Kreativitas dan Daya Saing

Published

on

Wagub Banten Andika Hazrumy

Wagub Banten, Andika Hazrumy berharap, Insipirasi Nusantara membangkitkan semangat Nasionalisme pemuda untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI. (ISTIMEWA)

Serang – Yayasan Tunas Bakti Nusantara yang bergerak di bidang sosial, tahun ini, memusatkan kegiatan Insipirasi Nusantara di Provinsi Banten.

Inspirasi Nusantara merupakan kegiatan sosial di bidang pendidikan yang dilakukan Tunas Bakti Nusantara terhadap pemuda Indonesia.

Selain di bidang pendidikan, kegiatan bertajuk Bakti Nusantara itu juga meliputi Bangun Nusantara dengan bidang garapan kesejahteraan masyarakat dan Sehat Nusantara yang menggarap bidang kesehatan warga.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy didaulat memimpin apel pemuda peserta Inspirasi Nusantara, di Lapangan Grup 1 Kopassus, Kota Serang, Jumat (26/9/2018).

Wagub berharap, kegiatan tersebut menjadi sarana yang tepat untuk memfasilitasi para pemuda meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotisme.

BACA :  Ranta Minta OPD Kerja Keras Jalankan Program Prioritas Pemprov Banten

“Sehingga dapat membangkitkan semangat Nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Andikan berpesan kepada para pemuda peserta apel agar mempertahankan diri sebagai individu yang cerdas di tengah berbagai pendangkalan rasa simpatik dan empatik, serta perlawanan terhadap sikap-sikap pragmatis.

Peserta Inspirasi Nusantara 2018 diminta agar tetap berusaha menjadi pemuda yang inspiratif, dan dalam berbagai kondisi tersebut, berusaha dan bekerja keras untuk selalu berprestasi.

Lebih jauh Andika mengatakan, pada kurun 2020-2030, Indonesia diprediksi mendapatkan bonus demografi yang merupakan sebuah momentum besar bangsa Indonesia dengan meningkatnya jumlah penduduk usia produktif secara signifikan. Menurutnya, akan terdapat lonjakan pesat usia produktif sebesar 70 persen.

BACA :  Kepala DPMD Provinsi Banten Enong Suhaeti Satu-satunya Perempuan Pejabat Eselon II Bergelar Doktor

“Pada saat itu, roda perekonomian akan didominasi usia produktif, khususnya anak-anak muda,” ujarnya.

Lonjakan usia produktif tersebut, kata Andika, diharapkan akan menggerakkan roda perekonomian bangsa sehingga mampu mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Namun begitu, lanjutnya, untuk meraih keuntungan dari bonus demografi harus diupayakan melalui peningkatan pendidikan yang berkualitas, kemampuan kognitif, dan kecakapan hidup yang tinggi, berketerampilan teknis, produktif dan berdaya saing.

Pemerintah Provinsi Banten dalam RPJMD 2017-2022 menetapkan prioritas pembangunan pada peningkatan sumber daya manusia khususnya peningkatan aksesibilitas dan pendidikan yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Yayasan Tunas Bakti Nusantara, Aryo Asto Saloko mengatakan, dalam kegiatan Bakti Nusantara tahun ini, pihaknya bekerja sama dengan instansi pemerintah, militer, swasta dan lembaga sosial di Banten, menyelenggarakan layanan kesehatan dan operasi gratis di Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang.

BACA :  Tuntaskan Pengangguran, Wagub Banten Minta Kerja Sama PT dan Swasta

Instansi-instansi tersebut adalah Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Banten, Grup 1 Kopassus, RS Achmad Wardi, Dompet Dhuafa Banten, RS Sari Asih Serang dan B Braun Indonesia. Berikutnya, Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI), dan BKKBN Provinsi Banten, RS Kencana Serang, Smile Train, dan Yayasan Anugerah Sentosa.

Kegiatan yang berlangsung di Pandeglang dan Serang pada 21-28 Oktober tersebut, kata Aryo, telah menjangkau hingga 200 warga yang membutuhkan operasi katarak, lebih dari 20 kasus bibir sumbing, serta 200 peserta sunatan.

“Kegiatan ini mencakup tiga misi seperti disebutkan sebelumnya; terdiri dari layanan kesehatan dan operasi gratis, pembangunan sekolah, serta pelatihan guru, perkemahan, dan peningkatan motivasi siswa,” paparnya.(Nda)



Terpopuler