Connect with us

METROPOLITAN

Ablasi Sungai Ciujung Ancam Keselamatan Warga, Pemkab Lebak Belum Bertindak

Published

on

Iustrasi Ablasi Sungai Ciujung

Ablasi Sungai Ciujung di Kampung Salahaur, Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung diniali sudah mengancam keselamatan warga. FOTO Ilustrasi: rumah warga Desa Talanghiang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak terkena longsor akibat absasi Sungai Cimangeunteung.(FOTO: Istimewa)

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak diminta tak tinggal diam menangani persoalan ablasi atau erosi Sungai Ciujung. Saat ini, dinding tanah di lereng Sungai Ciujung yang berdampingan dengan pemukiman terus terikis sehingga mengancam keselamatan warga Kampung Salahaur, Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung.

Anggota DPRD Lebak Fraksi PKS Dian Wahyudi mengaku beberapa kali permohonan penanganan coba disampaikan, namun belum ada realisasi lantaran domainnya berada di ranah Dinas PU Provinsi Banten atau Balai Besar Ciujung, Ciberang.

BACA :  Gagal Lelang, Silpa DTKBP Tangsel Capai Rp210 Miliar

“Masyarakat berulang kali menyampaikan aspirasi ingin dibangunkan turab atau dibenteng ulang,” kata Dian kepada BantenHits.com, Minggu, 28 Oktiber 2018.

Menurutnya, ablasi atau erosi Sungai Ciujung dinilai amat berbahaya mengingat kondisinya yang juga berdampingan jalan lintas cukup padat kerap digunakan lalu lalang kendaraan penjual hasil bumi yang ingin mencari rupiah di pasar subuh.

“Kebanyakan yang pakai jalan itu kan dini hari, gelap gulita. Kalau tidak segera diambil tindakan berbahaya,” akunya.

Sejauh ini, sambung Dian warga secara swadaya tengah berupaya melakukan penanganan dengan alat dan bahan seadanya mulai dari patok bambu dan menyusun tumpukan karung berisi tanah agar ablasi bisa diminimalisir.

“Ablasi sungai terus meluas dan semakin membahayakan warga dan menunggu celaka saya pikir bukan hal yang dicari, bukan solusi terbaik yang diinginkan oleh para pemangku kebijakan,” pungkasnya. (Rus)

BACA :  Juli, Pabrik Semen Merah Putih PT Cemindo Gemilang di Lebak Diresmikan

Terpopuler