Connect with us

METROPOLITAN

Polda Banten Jalani Studi Kelayakan untuk Naik Jadi Tipe A

Published

on

Polda Banten Jalani Studi Kelayakan polda tipe A

Polda Banten menjalani studi kelayakan tipe menjadi A. (BantenHits/ Mahyadi)

Serang – Polda Banten yang saat ini berstatus sebagai polda tipe B akan naik menjadi tipe A. Tahapan untuk kenaikan tipe tersebut ditandai dengan digelarnya inovasi pelayanan publik bidang IT dalam rangka studi kelayakan oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Menpan RB dan Mabes Polri di Mapolda Banten, Senin, 29 Oktober 2018.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB Rini Widyantini mengatakan, sejumlah prasayat untuk menjadi polda tipe A telah dimiliki Polda Banten, terutama pendekatan Polda Banten kepada masyarakat melalui elemn utamanya: inovasi pelayanan publik.

“Saya sudah melihat cukup banyak upaya dari Polda Banten untuk melakukan perbaikan. Tidak hanya itu, tapi juga tata kelola SDM, saya lihat cukup baik,” kata Rini kepada awak media usai melakukan pemantauan di Mapolda Banten.

BACA :  Ayah Balita Penderita Kanker Mata di Kampung Ciburuy Terharu Dapat Bantuan dari Wartawan

“Kita melihat beban kerja. Itu yang menjadi dasar organisasi. Kemudian strategi media. Kemudian kita lihat bahwa bagaimana upaya Polda terhadap beban kerja tadi. Penilaian umum misal SDM dan sebagainya,” paparnya.

Rini melanjutkan, terkait studi kelayakan yang dilakukannya ini, akan ada penilaian secara online, agar Polda Banten bisa melihat secara terbuka, juga Mabes Polri dan Menpan. Hal ini guna memotivasi kekurangan di tiap polres, serta untuk terus melakukan evakuasi dan masing-masing polres.

“Bisa melihat hasilnya (melalui online). Saya belum lihat secara keseluruhan kerena tim saya masih melakukan validasi. Saya dikira pak kapolda sudah dari polres sampe sekarang konsisten melakukan perubahan-perubahan itu,” ungkapnya.

BACA :  Pemuda Asal Lebak Jadi Pembicara di Konferensi Internasional, Paparkan Kearifan Lokal Masyarakat Baduy

Rini berpesan agar enam polres di bawaH naungan Polda Banten bisa memiliki kemampuan yang sama, sehingga semua mempunyai standar yg sama dari Polri.

“Mudah-mudahan paling lambat pertengahan November bisa diketahui hasilnya,” tuturnya.

Sementara itu kapolda Banten Brigjen Teddy Minahasa optimistis 100 persen Polda Banten menjadi tipe A.

“Kedatangan tamu studi kelayakan untuk mengkaji kenaikan tipe Polda Banten dari B ke tipe A dari pagi kita sajikan dan presentasikan. Hasilnya tergantung nanti, selama ini ada 9 dimensi dan 48 indikator, aspek keseluruhan dan kekuatan polda banten dari jumbelah persilnya,” jelas kapolda.

Alasan kapolda ngebet ingin Polda Banten menjadi Tipe A adalah salah satunya Polda Banten adalah daerah penyanga dari Ibukota Jakarta. Jadi apapun isu yang berkembang di ibu kota, Banten akan sangat berdampak serta penangananya lebih melelahkan polda banten di banding dengan DKI Jakarta.

BACA :  Aktivis Pemuda NU Kota Tangerang Sambut Baik Pemberian Kartu NU untuk Prabowo

“Banten menjadi daerah penopang untuk DKI Jakarta. Isu yang berkembang kontemrporer di Jakarta tidak terlepas dari kontribusi dari wilayah Banten. Artinya Banten lebih cape dari ibukota sendiri karna kita justru yang membendung,” paparnya.(Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler