Raih Inagara Award, Ratu Tatu Tegaskan Komitmen Pemkab Serang Terus Berinovasi

Date:

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah Terima Penghargaan
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saa menerima Inagara Award yang diserahkan langsung Kepala LAN RI, Dr Adi Suryanto. (ISTIMEWA)

Serang – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meraih Inovasi Administrasi Negara (Inagara) award dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Penghargaan diberikan atas kinerjanya memimpin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Penghargaan diberikan langsung Kepala LAN RI Dr Adi Suryanto kepada Tatu, Gedung Makarti Bhakti Nagari Lantai II LAN, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/ 2018).

Selain Tatu ada 25 bupati/walikota lain menerima penghargaan karena dinilai berkomitmen menumbuhkembangkan inovasi di daerahnya melalui Laboratorium Inovasi LAN.

“Penghargaan ini harus memperkuat komitmen kami di Pemkab Serang untuk terus berinovasi. Bukan hanya untuk internal aparatur, juga dalam rangka meningkatkan pelayanan serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang,” kata Tatu dalam siaran pers yang diterima BantenHits.com.

Perjalanan panjang ditempuh Pemkab Serang hingga meraih Inagara Awards. Diawali penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding) antara LAN dan Pemkab Serang pada 17 Januari 2018. Kerja sama disertai dengan perjanjian tentang pelaksanaan Laboratorium Inovasi LAN.

Lima tahapan Laboratorium Inovasi telah dilakukan Pemkab Serang, mulai dari drump up, diagnose, design, deliver, dan display. Untuk tahap akhir display/pameran telah dilakukan bersamaan dengan Serang Expo 2018 di Kecamatan Cikeusal, 11 Oktober 2018 lalu. Dari hasil Laboratorium Inovasi telah dihasilkan 54 inovasi yang berasal dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang.

Bukan hanya penghargaan, Tatu juga mendapatkan kesempatan dari LAN untuk mengikuti program Leaderpreneurship di Singapura, 16-20 Juli 2018.

Ia merupakan salah satu dari 20 bupati/wali kota yang diundang khusus untuk mengikuti program hasil kerja sama antara LAN dan Civil Service College (CSC)/Temasek Foundation Singapore. Program Leaderpreneurship didedikasikan untuk meningkatkan layanan publik, melengkapi layanan publik di masa depan, serta diharapkan mampu berinovasi dengan teknologi.

Tatu mengapresiasi jajaran Bappeda serta OPD yang berusaha serius menciptakan inovasi daerah. Ia berharap, inovasi yang telah diciptakan terus disosialisasikan serta dijalankan dengan serius, agar benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan kinerja aparatur serta pelayanan kepada masyarakat.

“Inovasi bertujuan untuk menciptakan pemerintah daerah yang efektif, maka harus dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Adi Suryanto mengapresiasi para pemimpin daerah yang menjadi pemenang Lomba Inovasi Administrasi Negara tahun 2018 dan juga bagi daerah yang berkomitmen tinggi dalam pengembangan inovasi melalui Laboratorium Inovasi binaan LAN.

“Semoga semakin memperkaya perspektif dan mampu menumbuhkan semangat berkompetisi serta menjadikan inovasi sebuah gerakan masif,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...