Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah di Tangerang, Jokowi: Silahkan Dipakai untuk Jaminan ke Bank

Date:

Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Mall @Alam Sutera, Kota Tangerang. Presiden Jokowi mempesilakan warga penerimaa sertifikat menjaminkan sertifikatnya ke Bank, namun uang pinjaman harus digunakan untuk hal yang produktif. (FOTO: Humas Pemkot Tangerang)

Tangerang – Presiden Joko Widodo melakukan serangkaian kegiatan di Kota Serang dan Tangerang, Sabtu-Minggu, 3-4 November 2018. Salah satu kegiatannya di Tangerang Jokowi bagikan sertifikat tanah.

Kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat dilakukan di Mall @Alam Sutera, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Minggu, 4 November 2018. Dari 6.000 sertifikat yang dibagikan, Joowi menyerahkan secara simbolis kepada 12 warga Kota Tangerang.

BACA JUGA: Sertifikat yang Dibagikan Jokowi di Pandeglang Ditarik Ulang

Dalam sambutannya Jokowi menegaskan, melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL, diharapkan penerbitan sertifikat tanah di tahun 2018 dapat mencapai target yaitu 7 juta sertifikat.

“Tahun lalu 2017 kita berhasil terbitkan 5 juta di seluruh Indonesia. Tahun ini harus bisa 7 juta. Malah kalau bisa melebihi target lebih bagus,” ungkap Jokowi di depan ribuan warga yang menerima sertifikat tanah seperti dilansir keterangan tertulis Humas Pemkot Tangerang.

BACA JUGA: Sempat Ditarik, Sertifikat yang Dibagikan Presiden Jokowi di Pandeglang Banyak Salah Tulis

Jokowi juga menitipkan pesan kepada para penerima sertifikat tanah, apabila ingin mengajukan agunan ke bank agar digunakan untuk hal yang produktif.

“Silakan dipake buat agunan atau jaminan ke bank. Tapi saya pesan gunakan uangnya untuk hal yang produktif seperti modal usaha atau investasi, dan untuk bekerja sehingga ada pemasukan untuk mencicil ke bank,” tegas Jokowi.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil menyatakan, pihaknya sudah menyelesaikan 360ribu bidang tanah yang bersertifikat di Kota Tangerang.

“Insha Allah, sisanya yang masih 11.893 bidang tanah akan di sertifikatkan tahun depan,” ujarnya

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah yang hadir bersama wakilnya Sachrudin mengatakan, sertifikat tanah yang sudah dimiliki masyarakat mudah-mudahan bisa memberikan manfaat yang besar.

“Misalnya buat usaha tanahnya dan semoga dengan adanya sertifikat ini gak ada lagi masalah sengketa tanah atau lahan,” ucapnya. (Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...