Antisipasi Bencana, Polres Metro Tangerang Kota Bentuk Pasukan Siaga Bencana

Date:

Antisipasi Bencana, Polres Metro Tangerang Kota Bentuk Pasukan Siaga Bencana
Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Harry Kurniawan memeriksa kesiapan alat saat membentuk Pasukan Siaga Bencana. (BantenHits.com/ Maya Aulia Apriliani)

Tangerang – Menyusul tibanya musim penghujan, jajaran Polres Metro Tangerang Kota menyiapkan pasukan siaga bencana. Pasukan tersebut ditujukan untuk memantau titik-titik rawan bencana di Kota Tangerang.

“Atas kerja sama di seluruh instansi, titik banjir di Kota Tangerang sudah menurun menjadi 9 titik banjir. Berharap di tahun 2019 tidak ada lagi titik banjir,” kata Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Harry Kurniawan, Selasa, 6 November 2018.

Harry menuturkan, jika adanya angka penurunan titik banjir ini pun berkat adanya penurapan di sejumlah titik. Namun, kesigapan bencana harus tetap dilakukan agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

“Penurapan menjadi faktor utama untuk mengurangi titik banjir, tapi peran serta masyarakat untuk menjaga lingkungan menjadi bersih juga menjadi prioritas, sehingga Tangerang menjadi lebih bersih,” ujarnya.

Harry menambahkan, siaga bencana yang dilakukan meliputi bencana banjir. Dia menyebut daerah yang patut diwaspadai yakni Kecamatan Jatiuwung, Kecamatan Priuk, dan Kecamatan Karawaci.

“Ketiga kecamatan tersebut merupakan langganan banjir setiap musim hujan,” ungkapnya.

Harry mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk bersinergi dengan instansi terkait, dengan begitu penanganan bencana bisa optimal.

“Selain itu, kita juga meminta masyarakat Kota Tangerang berperan aktif untuk bersama-sama membersihkan lingkungannya, sehingga mengurangi potensi banjir,” imbaunya.

Selain personel, pihaknya juga menyiapkan peralatan ke-SAR-an seperti perahu kano, truk, ambulans, gergaji, dan peralatan medik. Apel siaga bencana itu pun dihadiri BPBD Kota Tangerang dan TNI.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...