Hadapi Cuaca Buruk Pelabuhan Merak Kurangi Jumlah Pengoperasian Kapal

Date:

KAPAL SULIT SANDAR DI PELABUHAN MERAK CUACA BURUK 3 FEB 2017
Foto Ilustrasi: Kapal sulit sandar di Pelabuhan Merak akibat cuaca buruk. (Dok. BantenHits.com)

Cilegon – Menghadapi cuaca buruk di Selat Sunda, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak akan mengurangi pengoperasian jumlah kapal penumpang yang melayani penyebrangan Merak-Bakahueni. Pengurangan jumlah kapal yang beroprasi di Pelabuhan Merak tersebut guna menghindari adanya insiden kapal saat terjadinya cuaca buruk.

“Untuk menyiasati adanya cuaca buruk di Pelabuhan Merak, kita akan melakukan pengurangan pengoperasian jumlah kapal penumpang di tiap-tiap dermaga pelabuhan. Berkaca pada tahun sebelumnya jika terjadi cuaca buruk banyak kapal gagal sandar dan bisa terjadi insiden saat alur masuk sehingga harus mengatur pola alur keberangkatan dan kedatangan kapal,” kata General Manajer PT ASDP Cabang Merak Fahmi Alweni, Rabu, 7 November 2018.

Fahmi mengatakan bahwa saat ini kondisi cuaca di perairan Selat Sunda terpantau dalam keadaan normal, namun demikian pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait bila terjadi cuaca buruk yang dapat menggangu aktivitas pelayaran di Pelabuhan Merak-Bakahueni Lampung.

“Kalau sampai saat ini kondisinya masih normal kapal-kapal beroperasi sesuai dengan rencana, tiap-tiap dermaga beroperasi lima kapal, selain itu belum ada kapal yang gagal sandar. JIka nanti terjadi cuaca extreme kita (ASDP) tentunya berkoordinasi dengan unsur terkait seperti BMKG, Basarnas, KSOP dan pihak terkait,” ujarnya.

Fahmi menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan, di mana pada Pelabuhan Merak terdapat Ship Traffic Controller (STC) Pelabuhan Penyeberangan Merak yang berfungsi mengatur lalu lintas kapal penumpang.

“Terus akan kita lakukan pengawasan melalui STC, jika terjadi cuaca extreme Kesyahbandaran akan memberitahuian adanya pelarangan kapal untuk beroperasi,” tandasnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...