Terkumpul 1.000 Buku, TBM Sumlor Optimistis Mampu Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Date:

TBM Sumlor
Para pelajar di Kabupaten Lebak asyik membaca di TBM Sumlor. Koleksi buku yang sudah mencapai 1.000 membuat pengelola TBM Sumlor optimistis keberadaannya mammpu meningkatkan minat baca warga. (ISTIMEWA)

Lebak – Taman Bacaan Masyarakat atau TBM Sumlor mencatat hingga November 2018 sudah ada 1.000 buku yang terkumpul sekaligus dibaca oleh masyarakat Kabupaten Lebak.

TBM yang diketahui milik pentolan Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Rangkasbitung Ahmad Lugas ini berlokasi di Kampung Sampay, Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung.

Pengelola TBM Sumlor Ahmad Lugas kepada BantenHits.com mengklaim, kehadiran TBM direspons positif masyarakat. Hal ini diterlihat dari data kunjungan. Setiap harinya TBM Sumlor selalu ada kunjungan masyarakat, khususnya pelajar SD hingga SLTA. Keberadaan TBM Sumlor pun diyakini membantu pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Lebak.

“Ya memang didominasi oleh pelajar di Kecamatan Warunggunung. Kalau hari libur, ruangan kita penuh dan bahkan tidak bisa menampung masyarakat yang berkunjung,” kata Lugas, Selasa 27 November 2018.

Menurutnya, TBM sumlor yang telah bermitra dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lebak, serta Dinas Perpustakaan Banten tersebut optimis akan mencerdaskan dan menambah wawasan pelajar di Kecamatan Warunggunung.

“Kita optimis 1.000 buku yang kita suguhkan dengan berbagai jenis mulai dari novel hingga pengetahuan umum dapat membantu mencerdaskan masyarakat,” tuturnya.

Lugas mengaku TBM Sumlor juga kerap melakukan taman bacaan keliling ke beberapa kecamatan di Kabuapten Lebak.

“Taman bacaan Sumlor didirikan untuk membantu program pemerintah, yaitu meningkatkan minat baca, serta mencerdaskan masyarakatnya,” akunya.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lebak, Asep Komar Hidayat mengatakan taman bacaan sumlor maupun taman bacaan lainnya di Lebak merupakan mitra pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan minat baca, serta mencerdaskan masyarakat.

“Kita berterima kasih terhadap masyarakat yang perduli mendirikan taman bacaan bagi masyarakat. khususnya kepada taman bacaan sumlor saya akan terus melakukan kemitraannya, karena taman bacaan tersebut dinilai aktif, serta selalu ramai dikunjungi masyarakat, khususnya kaum pelajar,” imbuhnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...