Connect with us

WISATA

Mengupas Cerita Pantai Carita, Satelitnews Gandeng BantenHits.com Gelar Diskusi Kepariwisataan 11 Desember 2018

Published

on

Mengupas Cerita Pantai Carita, Satelitnews Gandeng BantenHits.com Gelar Diskusi Kepariwisataan 11 Desember 2018

Satelitnews menggelar diskusi kepariwisataan 11 Desember 2018. Dalam event ini, SatelitNews menggandeng BantenHits.com sebagai media online nomor satu di Banten bersama tiga media online lainnya, yakni FajarBanten.com; BantenNews.com; dan FaktaPandeglang.com.

Pandeglang – Pantai Carita merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Pada 1978 pantai ini ditetapkan menjadi Taman Wisata Alam berdasarkan SK Menteri Pertanian No.440/kpts/UM/1978.

Pantai yang terletak di perbatasan Kabupaten Serang dan Pandeglang itu, terkenal dengan pasir pantainya yang putih sehingga membuat kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara setiap akhir pekan ataupun hari-hari libur.

Namun, paska-pemerintah menetapkan Tanjung Lesung sebagai salah satu destinasi wisata prioritas sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Pantai Carita mengalami kemunduran pengunjung.

Menyikapi hal itu, SatelitNews salah satu media cetak lokal di Banten menggelar Diskusi Panel Kepariwisataan, dengan mengusung tema ‘Carita Punya Cerita, Doeleo, Kini dan Nanti’ di salah satu hotel di Carita, 11 Desember 2018 mendatang.

Dalam event ini, Satelitnews menggandeng BantenHits.com sebagai media online nomor satu di Banten, dan tiga media onlinenya sebagai media partner yakni FajarBanten.com, Banten News.co.id, dan FaktaPandeglang.com.

Kepala Biro Banten Satelit News, Mardiana Tirtalaksana mengatakan, alasan diadakannya kegiatan itu untuk mengupas sisi historis Carita, dan mencari formulasi dan solusi yang terbaik agar Carita yang terkesan ditinggalkan oleh Pemerintah Daerah maupun Pemrov Banten dan Pusat kembali memiliki cerita.

“Gagasan ini muncul karena rasa keperihatinan kami, yang melihat Pantai Carita seolah di anak tirikan oleh pemerintah. ditambah keberadaanya yang mulai terkikis dari program marcusuar pemilik kebijakan dengan KEK-nya,” katanya, Rabu, 5 Desember 2018.

Menurut pria yang kerap disapa Rian, kegiatan Diskusi Panel Kepariwisataan ini juga merupakan bagian dari peran aktif media, dalam ikut serta memberikan sumbangsih pada Pemerintah Daerah, sebagai mitra kerja, dalam mewujudkan wisata bisnis yang menjadi salah satu Visi Misi, Irna Narulita dan Tanto Warso Arban di Kabupaten Pandeglang.

“Jika Carita dikelola dengan baik oleh Pemkab Pandeglang wisata bisnis yang menjadi salah satu Visi – Misi Bupati akan mudah terwujud,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan, Nipal Sutisna mengatakan, kegiatan Diskusi Panel Kepariwisataan, rencananya akan dilaksanakan pada hari Selasa 11 Desember 2018 mendatang, dengan progres persiapan acara, diakuinya telah mencapai 80 persen.

“Kalau tidak ada perubahan dan halang merintang, Insya Allah, kegiatannya dilaksanakan tanggal 11 Desember nanti. Terkait waktu, dalam jadwal acara kita sih kita mulai paling lambat pukul 09.00 WIB,” tegas Nipal.

Ia berharap dari kegiatan ini, ada program bersama antara stakeholder terkait untuk membangkitkan dan meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Carita. Sehingga, kawasan wisata Carita yang saat ini sudah bagus, akan semakin bagus ketika ditopang oleh kebijakan Pemda dan didukung oleh program unggulan Pemda itu sendiri.

“Intinya, tempat wisata itu tidak cukup hanya dengan aman. Tapi juga harus Nyaman dan Berkesan. Sehingga wisatawan yang datang, akan lebih betah, serta memiliki kesan positif, yang selanjutnya akan kembali dengan rasa rindu terhadap kesan yang indah tentang Carita,” tandasnya.(Rus)

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending