Connect with us

Pemilu

Survei Ungkap Prabowo-Sandi Unggul di Tanah Kelahiran Ma’ruf Amin

Published

on

PRABOWO SUBIANTO DAN SBY SOAL PILGUB BANTEN 2017

Calon Presiden Prabowo Subianto bersama Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Partai besutan SBY pada Pemilu 2019 mendukung pasangan Prabowo-Sandi.(FOTO: detik.com)

Jakarta – Pasangan Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno mengungguli suara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di sejumlah wilayah berdasarkan survei internal koaliasi Gerindra, PKS, Demokrat, dan PAN.

Meski unggul di sejumlah wilayah, pasangan Prabowo-Sandi masih kalah di sejumlah wwilayah kunci di Indonesia, seperti Jawa Tengah dan Jatim. Karenanya, suara petahana masih berada di atas penantang dengan selisih yang semakin tipis.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Prabowo-Sandi, Andre Rosiade seperti dilansir merdeka.com, Senin, 10 Desember 2018. Menurut Andre, dari hasil survei internal, Prabowo-Sandi unggul atas Jokowi-Ma’ruf di seluruh Pulau Sumatera. Begitu juga di Banten, tempat asal sang lawan KH Ma’ruf Amin.

BACA :  MUI Kab. Serang: Umat Islam Wajib Menerima Keputusan KPU

“Sumatera kita menang semua, terus, di Banten menang DKI menang, Jawa Barat menang,” kata Andre.

Keunggulan Prabowo-Sandi di Banten, sebelumnya diakui Jokowi saat menghadiri deklarasi dukungan dari keluarga besar alamarhum Tubagus Chasan Sochib, 3 November 2018.

BACA JUGA: Hasil Survei Kalah di Banten, Ma’ruf Amin Tegaskan Warga Banten Wajib Pilih Jokowi

Sementara itu, LSI Denny JA merilis hasil survei elektabilitas pada November 2018 menempatkan Partai Gerindra pemenang Pemilu 2019 di Banten. Kemenangan tersebut sekaligus menumbangkan dominasi PDIP dan Golkar di Tanah Jawara.

Survei LSI Denny JA menempatkan Partai Gerindra di posisi pemuncak dengan tingkat keterpilihan atau elektabiltas sebesar 26,5 persen; di bawahnya secara berurutan PDIP 19,3 persen; Golkar 7,0 perse; Demokrat 4,8 persen; dan PPP sebesar 3,5 persen.

BACA :  Bawaslu Lebak Akan Panggil Jokowi soal Billboard Siluet Mirip Tikus

Pada Pemilu 2014 lalu, partai besutan Prabowo Subianto ini hanya memperoleh 13,2 persen dan menempati posisi ketiga, kalah dari PDIP sebagai pemenang dengan perolehan suara 16,8 persen dan Golkar di posisi kedua dengan perolehan suara 13,4 persen. Sedangkan Demokrat di posisi ke-empat dengan suara 10,4 persen, dan PPP di posisi ke lima dengan suara 8,5 persen.

BACA JUGA: Survei LSI Gerindra Tumbangkan PDIP di Banten, Desmond J. Mahesa: Bentuk Kepercayaan Masyarakat

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Banten Ali Mustofa mengaku keunggulan tersebut tidak lepas figur Prabowo Subianto sebagai ketua umum sekaligus capres yang diusung Gerindra.

“Pak Prabowo semakin diterima masyarakat, karena itu pula berefek terhadap peningkatan suara Gerindra di Pemilu 2019,” ujarnya, Sabtu 8 Desember 2018.

BACA :  Belum Terbitkan Edaran Netralitas PNS, Sekda Lebak: PNS Kita Sudah Paham

BACA JUGA: Sosok Prabowo dan Sikap Istikamah sebagai Partai Oposisi Jadi Faktor Melejitnya Suara Gerindra di Banten

Ali Mustofa juga menyebut, pasangan Prabowo-Sandi memiliki visi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama Banten yang pernah mencapai puncak kejayaan pada masa kesultanan.

BACA JUGA: Partai Gerindra Sebut Visi Prabowo-Sandi Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat Banten

Visi Prabowo-Sandi, yakni terwujudnya bangsa dan negara Republik Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, relijius, berdaulat, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antarwarga negara tanpa memandang suku, agama, ras, latar belakang etnis dan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.(Rus)



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler