Tangsel Raih Peringkat Dua Kota Layak Anak

Date:

Tangsel Raih Peringkat Dua Kota Layak Anak
Menteri PPPA Yohana Yambise memberikan penghargaan Kota Layak Anak kepada Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany.(Istimewa)

Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih penghargaan dengan peringkat dua Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Penganugerahan tersebut dilaksanakan dalam kegiatan Festival Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) di Bandung, Minggu 16 Desember 2018.

Penghargaan diberikan langsung Menteri PPPA Yohana Yambise kepada Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Yohana Yambise menjelaskan, pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak menjadi indikator KLA. Dalam pelaksanaannya diperlukan keterlibatan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, perguruan tinggi, masyarakat, dunia usaha, media keluarga sampai kepada anak itu sendiri. Anak-anak Indonesia harus terpenuhi haknya dan tidak menjadi korban berbagai tindak kekerasan.

Salah satu upaya Kementerian PPPA yaitu kampanye atau promosi seperti kegiatan festival KLA. Festival KLA tahun ini merupakan yang ke-2 setelah dilaksanakan tahun 2016 di GBK Senayan, Jakarta.

“Kita harus memastikan bahwa bagaimana hak-hak anak Indonesia tercapai antara lain melalui pelayanan akta kelahiran, pelayanan konseling keluarga melalui Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga), kiprah partisipasi anak melalui Forum Anak yang kita beri peran sebagai pelopor dan pelapor,” kata Yohana Yambise.

Pada Festival KLA tersebut dapat dilihat bentuk-bentuk pengembangan Sekolah Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak, Pusat Kreativitas Anak, bagaimana anak mendapatkan Informasi Layak Anak melalui Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA), serta berbagai bentuk layanan lainnya yang semuanya harus ramah anak. Tak kalah penting juga bagaimana anak-anak yang sudah menjadi korban kekerasan terlayani dengan baik melalui UPTD.

Usai sambutan, Yohana Yambise menyerahkan berbagai penghargaan, di antaranya kota dan kabupaten dengan persentase sekolah ramah anak tertinggi. Penghargaan tersebut diberikan kepada wali kota Tangsel, wali kota Malang, dan Bupati Jembrana.

“Ketiga kepala daerah ini memiliki komitmen kuat dalam mewujudkan sekolah ramah anak di wilayahnya masing-masing,” ujar Yohana Yambise.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, Tangsel mendapatkan penghargaan karena adanya komitmen yang kuat dari semua pihak untuk mewujudkan sekolah ramah anak di Kota Tangsel.

“Kita telah berkomitmen melalui surat keputusan bersama baik dinas pendidikan maupun kementerian agama untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Komitmen ini diwujudkan mulai dari tingkat PAUD hingga tingkat SMP, bahkan dari RA hingga MTS se-Kota Tangsel,” jelas Airin.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...