KSOP Kelas 1 Banten Uji Petik Kapal di Pelabuhan Merak Jelang Angkutan Natal dan Tahun Baru

Date:

KSOP Kelas 1 Banten Uji Petik Kapal di Pelabuhan Merak Jelang Angkutan Natal dan Tahun Baru
KSOP Kelas 1 Banten melakukan uji petik kapal di Pelabuhan Merak jelang Angkutan Natal dan Tahun Baru.(BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Antisipasi terjadinya kecelakaan laut saat angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kelas 1 Banten melakukan ramp check atau uji petik kapal yang melayani penyeberangan Merak-Bakahueni di Pelabuhan Merak, Kamis, 20 Desember 2018.

Informasi yang berhasil dihimpun, selain mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut, uji petik juga dilakukan untuk memastikan kapal yang membawa penumpang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakahueni Lampung maupun sebaliknya, benar-benar laik untuk dioperasikan pada angkutan Natal dan Tahun Baru 2019.

“Ramp check ini sebetulnya kegiatan rutin, namun dalam rangka memastikan kelaik lautan kapal kita tetap melakukan pemeriksaan, untuk memastikan keselamatan kapal,” ujar Kepala Kantor KSOP Kelas 1 Banten, Herwanto.

Herwanto mengungkapkan, sebanyak 58 kapal dari 70 kapal yang berada di perlintasan Merak-Bakahueni di Pelabuhan Merak di ketahui siap dioperasikan untuk Natal dan Tahun Baru 2019.

“Kapal di Merak ini ada 70, 58 kapal siap melayanan angkutan Natal dan Tahun Baru, kemudian ada 9 yang sedang docking, dan tiga dalam kondisi rusak dan siap untuk docking,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Herwanto menambahkan, pihaknya telah melakukan ramp check sebanyak 51 kapal, dan ke depannya masih ada tujuh kapal yang belum di-ramp check. Dalam Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 pelaksanaan ramp chek akan diintensifkan.

“Sekali lagi saya katakan ramp check ini sebetulnya setiap saat kita lakukan, tetapi dalam rangka angkutan Natal dan Tahun Baru ini kita tingkatkan frekuensinya. Kewajiban pemeriksaan kelaikan kapal tidak ada batasnya, harus dilaksanakan sesuai instruksi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, ” imbuhnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...