Connect with us

METROPOLITAN

Ancam Boikot Produk China dan Usir Kedubes, Umat Islam di Banten: Pemerintah Diam soal Uighur karena Utang

Published

on

Aksi solidaritas untuk Uighur diikuti ribuan umat Islam di Banten. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Sedikitnya 1.500 umat islam di Banten menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur di China, Jumat, 21 Desember 2018. Aksi yang dipusatkan di Alun-alun Kota Serang ini diikuti berbagai pondok pesantren dan organisasi Islam di Banten.

BACA JUGA: Ribuan Umat Islam di Banten Serukan Solidaritas untuk Uighur

Koordinator Forum Persaudaraan Umat Islam Banten (FPUIB) Abu wildan menilai, pemerintah pusat diam terkait penindasan umat Islam Uighur, Xianjiang, China.

Abu mengancam jika pemerintah pusat terus diam, pihaknya akan melakukan aksi yang lebih besar, bahkan aksi pengusiran Kedubes (kedutaan besar) China yang ada di Jakarta.

“Dan kita juga akan melakukan boikot prodak China. Pak Jokowi saat ini tidak ada suaranya tidak ada ucapan sedikit pun,” ujar Abu kepada awak media di sela-sela aksi di Alun-alun Kota Serang, Jumat, 21 Desember 2018.

Sementara itu Haji Enting Abdul Karim, Pembina FPUIB mengharapkan Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan sikap meminta kepada China untuk menghentikan aksi penindasan Muslim Uighur, di Xianjiang, China.

“Kalau di DPR RI sudah ada yang bersikap dan kalau pemerintah yaitu presiden tidak ada suara. Apa mungkin negara ini tergadaikan dengan utang kepada China yang sudah banyak jadi pemerintah diam?” tegas Enting.

Umat Islam di Banten, lanjut Enting, siap mengepung Kedubes China jika sudah ada komando dari panitia pusat solidaritas Muslim Uighur.

“Kita minta negara-negara yang ada di PBB agar turun langsung,” pungkasnya.(Rus)

1 Comment

1 Comment

  1. Ayo Kita Bersatu

    22/12/2018 at 19:37

    Indonesia pada dasarnya tidak setuju dengan pelangggaran hak asasi manusia. namun penindasan terhadap umat muslim Uighur merupakan masalah internal Cina. bila masalah domestik tentu kita tidak ingin mencampuri masalah Uighur. Tapi pemerintah sudah melakukan penghentian pelanggaram HAM terkait hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + thirteen =

Trending