Connect with us

METROPOLITAN

Ribuan Umat Islam di Banten Serukan Solidaritas untuk Uighur

Published

on

Ribuan Umat Islam di Banten Serukan solidaritas untuk Uighur

Ribuan umat Islam di Banten menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur. Aksi dipusatkan di Alun-alun Kota Serang. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Ribuan umat Islam di Banten menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur di China, Jumat, 21 Desember 2018. Aksi yang dipusatkan di Alun-alun Kota Serang ini diikuti berbagai pondok pesantren dan organisasi Islam di Banten.

Koordinator Forum Persaudaraan Umat Islam Banten (FPUIB) Abu Wildan mengatakan, aksi solidaritas untuk Muslim Uighur ini diikuti sekitar 1.500 umat Islam dari Banten.

Ribuan Umat Islam di Banten Serukan solidaritas untuk Uighur

Aksi solidaritas untuk Uighur diikuti ribuan umat Islam di Banten. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Menurut Abu Wildan, aksi keji yang dilakukan pemerintah China kepada umat Muslim Uighur di Xianjiang, di antaranya dipaksa memakan daging babi dan minum alkohol. Bakan mereka yang sedang puasa dipaksa batal. Mereka juga dipaksa murtad keluar dari Islam.

“Para wanita di sana diperkosa, jika hamil anaknya dibunuh. Kami menuntut yang pertama hentikan aksi China, dan meminta pemerintah Indonesia tegas terhadap pemerintah China,” papar Abu Wildan kepada awak media di sela-sela aksi.

Sampai saat ini, lanjut Abu, para relawan tidak bisa masuk Xianjiang karena ketatnya pengamanan China. Bahkan PBB pun tidak bisa masuk.

Haji Enting Abdul Karim, Pembina FPUIB mengecam keras penindasan umat Muslim Uighur. Aksi 2112 dari Muslim Banten adalah salah satu bentuk solidaritas sesama Muslim.

“Karena di sana lagi dibantai. Mari kita bela sama-sama kita mohon sama pemerintah China untuk segera menghentikan penindasan Uighur, jelas ini melanggar HAM,” pungkasnya. (Rus)

Trending