Sopir Bus AKAP dan AKDP di Terminal Pakupatan Dites Urine

Date:

Satuan Narkoba dan Satlantas Polres Serang Kota bekerjasama dengan Dinkes Kota Serang melakukan tes urine kepada sopir bus di Terminal Pakupatan. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Puluhan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) menjalani tes urine di Terminal Pakupatan, Serang, Sabtu, 22 Desember 2018. Tes urine dilakukan untuk memastikan sopir angkutan Natal dan tahun baru benar-benar siap melayani pengguna jasa.

Kasatnarkoba Polres Serang Kota AKP Wahyu Diana mengatakan pengecekan urine dimaksudkan untuk mengetahui apakah pengemudi menggunakan zat berbahaya seperti narkoba atau tidak. Pihaknya ingin memastikan jika pengemudi bus benar-benar dalam kondisi sehat saat bertugas mengangkut penumpang arus liburan Natal dan Tahun Baru.

“Tujuan untuk tes urine bagi pengendara itu untuk deteksi awal apakah dia mengunakan narkoba atau tidak. Kalau terindikasi narkoba kita ada tindakan lain yaitu minta keterangan sementara,” ujar Kasatnarkoba kepada awak media, Sabtu 22 Desember 2018.

Jika ada yang terindikasi pengemudi bus yang mengonsumsi obat-obatan pihaknya akan meminta PO Bus untuk menganti sopir tersebut.

“Agar tidak menganggu kelancaran bis tersebut. Sementara ada 20 yang telah melakukan tes urine, maksimal untuk hari ini ada 50 (orang yang akan di periksa),” paparnya.

“Tes kesehatan kami kerja sama dengan Dinkes, Dishub kota serang, dan Polantas Polres Serang Kota,” sambungnya.

Sementara itu Kasatlantas Polres Serang Kota AKP Ali Rahman mengatakan kegiatan pagi ini upaya preventif dari kepolisian khususnya dari Polres Serang Kota.

“Kalau kita, lalulintas kita cek administrasi mulai dari SIM, STNK, buku KIR dan ada faktor lain fungsi lampu rem dan kedalaman alur ban,” ungkapnya.

Ia memastikan kalau ada kendaraan yang melanggar akan amankan terlebih dahulu kendaraan dan diberikan surat kendaraan tidak layak jalan.

“Semuanya yang masuk terminal kita periksa,” pungkasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...