Connect with us

METROPOLITAN

Mulai 2019 Perumahan di Tangsel Wajib Punya Tandon 

Published

on

Mulai 2019 Perumahan di Tangsel Wajib Punya Tandon 

Plt Kepala DPU Kota Tangsel Aries Kurniawan (tengah) saat menghadiri konferensi pers di Kantor Dinas PU Tangsel beberapa waktu lalu. DPU Tangsel mulai 2019 perumahan di Tangsel harus punya tandon. (BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Tangsel – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mewajibkan kepada pengembang properti yang mau mendirikan perumahan di Tangsel, harus memiliki penampungan air atau tandon sebelum air tersebut masuk ke pembuangan atau drainase.

“Pemanfaatan tandon atau penampungan air berfungsi menjaga air yang mengalir ke drainase tetap berjalan normal, sehingga bisa menekan debit air untuk meminimalisir banjir atau genangan air,” kata Plt Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan kepada BantenHits.com, Minggu 30 Desember 2018. 

BACA :  Tuntut Kesejahteraan, Honorer di Pandeglang Butuh Payung Hukum

Aries mengatakan, DPU Tangsel sendiri sudah menerapakan Zero Run-Off (ZRO) untuk semua pengembang properti yang ingin mendirikan bangunan sebagai langkah awal mengatasi banjir di Kota Tangsel.

“Pemanfaatan ZRO mendukung drainase berwawasan lingkungan dan juga menekan genangan air atau banjir di permukiman. Hal ini penting agar air hujan tidak langsung mengalir ke saluran air atau sungai, sehingga meminimalisir potensi banjir dan genangan jika terjadi hujan,” katanya.

Sebagai informasi APBD Tahun 2018 DPU Kota Tangsel sebesar Rp 553,7 miliar dengan sembilan program belanja langsung dan tidak langsung.

”Serapan anggaran DPU Tangsel mencapai 96 persen,” ujar Aries.(Rus)



Terpopuler