Connect with us

METROPOLITAN

BPTJ Resmikan Terminal Pondok Cabe

Published

on

BPTJ Resmikan Terminal Pondok Cabe

Terminal Pondok Cabe yang merupakan Terminal Tipe A di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), diresmikan, Senin 31 Desember 2018. (BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Tangsel – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ Bambang Prihartono, akhirnya meresmikan Terminal Pondok Cabe yang merupakan Terminal Tipe A di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin 31 Desember 2018.
Bambang didampingi Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie. Mereka meresmikan terminal tersebut secara simbolis dengan memotong tumpeng.

Berdasar pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Terminal Pondok Cabe merupakan terminal tipe A yang kewenangannya dilimpahkan kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Mengingat keberadaanya yang berada di wilayah Jabodetabek maka kewenangan pengelolaan dialihkan kepada BPTJ.

BACA :  Sepekan ke Depan, Pelayanan Pengurusan Dokumen Kependudukan di Lebak Pakai WhatsApp

Bambang mengatakan kalau pengoperasian Terminal Pondok Cabe ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menghadirkan sekaligus meningkatkan layanan angkutan umum massal bagi masyarakat.

Menurutnya, diperlukan terobosan-terobosan supaya masyarakat mau beralih menggunakan angkutan umum.

“Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mendekatkan layanan angkutan umum massal supaya masyarakat mudah dalam mengaksesnya,” kata Bambang.

Selain peresmian terminal, Bambang juga melakukan flag off untuk Bus Transjabodetabek. Transjadbodetabek menjadi salah satu akses, selain Transjakarta dan Metro Trans yang juga melewati terminal Pondok Cabe sebagai trayeknya.

Meskipun sudah ada tiga bus tersebut, namun terminal Pondok Cabe belum dilalui angkot. Seperti diketahui, angkot merupakan angkutan umum yang sering dimanfaatkan warga yang tinggal di perkampungan. Jalur angkot mengakomodir kebutuhan warga tersebut untuk bepergian dsri satu tempat ke tempat lainnya.

BACA :  Banjir yang Merendam Empat Desa di Pandeglang Lebih dari 1 Meter

Koordinator Terminal, Stanley Puspawijaya, mengatakan, ke depannya akan ada tiga trayek angkot yang melewati terminal Pondok Cabe.

“Rencana tiga atau empat trayek angkot,” ujar Stanley.

Sementara Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan dengan adanya terminal tersebut menunjukkan kalau Tangsel juga daerah strategis.

“Mudah kemana-mana dan bisa dilalui apa saja. Kedepannya kami ingin warga Tangsel bisa menggunakan fasilitas seperti terminal dan angkutan transportasi massal yang diberikan BPTJ agar warga bisa mudah kemana-mana,” tukasnya.(Rus)



Terpopuler