Connect with us

METROPOLITAN

Jembatan Gantung Penghubung Tiga Kampung di Maja Butuh Perbaikan

Published

on

Jembatan Gantung Penghubung Tiga Kampung di Maja Butuh Perbaikan

Kondisi jembatan penghubung tiga kampung yang butuh perbaikan di Desa Pasirkacapi, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak .(Ist)

Lebak– Jembatan gantung penghubung tiga kampung di Desa Pasirkacapi, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, butuh perbaikan. Pasalnya jembatan yang memiliki panjang 22 meter dan lebar 2 meter saat ini kondisinya rusak dan menghawatirkan.

Budi Setiawan warga setempat kepada BantenHits.com mengakui jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Cicinta ini kondisinya rusak. Alas kayu dari papan yang membentang nampak rapuh dan sebagian bolong.

“Kita sebagai penggunanya dihantui rasa takut ketika melintas,” kata Budi ketika dihubungi melalui pesan WhatsApp, Jumat, 4 Januari 2019.

Menurutnya, jembatan gantung tersebut merupakan jalan alternatif penduduk desa setempat yang menghubungkan ke Kampung Pasirkacapi, Kampung Ciuber dan Kampung Pasirjaran. 

BACA :  Proses Hukum Satu Tersangka Kasus Tunda yang Meninggal Dunia Dihentikan

Budi menyebutkan jembatan tersebut dahulu dibangun pada tahun 2013 melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ( PNPM) Mandiri Pedesaan. Meski kondisi jembatan sudah rusak dan sangat membahayakan bagi penggunanya. Namun, hingga saat ini warga masih menggunakannya. 

“Tidak ada pilihan bagi masyarakat, jembatan ini jalan alternatif yang yang setiap harinya digunakan. Saat ini kondisinya sudah rusak parah,” ucapnya.

Budi berharap Pemerintah Kabupaten Lebak dalam hal ini Dinas PUPR, baik Kabupaten maupun Provinsi untuk membangun jembatan tersebut dengan jembatan permanen. 

“Kami sudah berusaha secara maksimal agar jembatan dapat di lalui dengan cara mengganti papan yang rusak, namun tidak tahan lama. Untuk itu, kami berharap pemerintah membangun jembatan gantung ini dengan jembatan permanen,” pintanya.

BACA :  Orangtua Harus Punya Strategi Hadapi 'Kids Zaman Now'

Sementara Camat Maja Abdul Rohim meminta agar pihak pemerintahan desa segera mengusulkan untuk perbaikan jembatan gantung yang saat ini kondisinya rusak berat. 

“Saya udah memerintahkan pihak pemerintahan desa untuk segera melakukan musyawarah terlebih dahulu, baik itu dengan ketua BPD, ketua LPM dan tokoh masyarakat terkait anggaran untuk pembangun jembatan dengan semua pihak,” ucapnya. (Rus)



Terpopuler