Connect with us

EKONOMI & BISNIS

550 Koperasi di Lebak Dinyatakan Tak Sehat, 170 Sudah Tidak Aktif

Published

on

KOPERASI DI LEBAK

Ratusan anggota koperasi mekar ketika menghadiri Rapat Anggota Tahunan. 550 koperasi di Lebak dinyatakan tak sehat, 170 lainnya sudah tidak aktif.(BantenHits.com/ Fariz Abdullah)

Lebak – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak mencatat dari 839 Koperasi yang terdaftar hanya 289 koperasi yang bisa dinyatakan sehat. Sebagian besarnya, yakni 550 koperasi di Lebak dinyatakan tidak sehat.

Kepala Dinas Koperasi Lebak Babay Imroni mengatakan dari 839 Koperasi di Kabupaten Lebak yang aktif hanya 670 itu berarti 170 koperasi tidak aktif. Sedangkan dari 670 yang aktif hanya ada 289 yang dinyatakan sehat.

“Dengan demikian ada 550 Koperasi di Lebak tidak sehat dan beberapa di antaranya bahkan tidak aktif,” kata Babay kepada awak media usai membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Mekar, di Gedung PGRI Lebak, Sabtu, 5 Januari 2019.

Babay menjelaskan, Indikator Koperasi sehat atau tidak dapat dilihat dari sisi manajemen, permodalan hingga Sumber Daya Manusia (SDM) hingga keseriusan dalam melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Tahun buku itu ditutup terhitung bulan Desember, dan laporannya dalam kurun waktu Januari hingga Maret,” jelasnya.

Babay mengklaim kesadaran Koperasi di Kabupaten Lebak lambat laun mulai mengalami peningkatan, seperti hal nya Koperasi Mekar ini dimana pada tahun 2018 berhasil menduduki urutan pertama dimana tahun sebelumnya berada di peringkat 6.

“Kita beri semangat bahwa koperasi harus berjalan sesuai dengan amanahnya, karena koperasi dari anggota oleh anggota dan untuk anggota,” imbuhnya. (Rus)

Trending