BBMKG: Tangerang Punya Potensi Gempa Ringan

Date:

BBMKG Prediksi Februari Terjadi Hujan Ekstrem
Petugas BBMKG saat menunjukkan curah hujan di Tangerang. Masyarakat diminta waspada pada Februari 2019 akan terjadi hujan ekstrem. BBMKG juga menyatakan Tangerang berpotensi terjadi gempa.(BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Tangsel – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BBMKG Wilayah II Ciputat menyatakan Tangerang masih memiliki potensi bencana gempa. Namun, skalanya masih terbilang ringan dan sedang. Potensi ini disebabkan karena adanya lempengan tanah yang saling terhubung dengan titik pusat gempa.

“Wilayah Tangerang dekat dengan daerah yang dilalui sesar besar dunia dan terdapat lempeng pasifik di Papua yang bergerak ke arah barat,” kata Sutiyono, Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah II Ciputat, Sabtu 5 Januari 2019 

Meskipun dalam sejarah wilayah Tangerang tidak pernah menjadi titik pusat langsung dari gempa, lanjut Sutiyono, potensi gempa bisa saja terjadi.

“Gempa itu bidang sesar yang memanjang, jadi ketika terjadi gempa di daerah lain yang dekat dengan Tangerang, maka di sini juga akan ikut merasakan,” ungkapnya.

Berdasarkan skala Mercalli, wilayah Tangerang berada di ring II-III. Artinya, getaran gempa tergolong ringan dan sebatas hanya dirasakan oleh beberapa orang saja.

Hingga Saat ini, kata Sutiyono, BMKG dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) masih meneliti ada atau tidaknya sesar lokal aktif di wilayah Tangerang dan Jakarta yang bisa menimbulkan pusat gempa. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...