Connect with us

METROPOLITAN

RAPI 3003 Lebak -Banten Optimalkan Fasilitas Radio Pancar Ulang

Published

on

RAPI 3003 Lebak -Banten Optimalkan Fasilitas Radio Pancar ulang

RAPI 3003 Lebak – Banten ketika mengoptimalkan radio pancar ulang di Desa Cibarengkok, Kecamatan Panggarangan. (Ist)

Lebak – RAPI 3003 Lebak – Banten mulai mengoptimalkan fasilitas radio pancar ulang di Desa Cibarengkok, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Jumat, 11 Januari 2019. Tujuannya untuk memaksimalkan daya pancar dan energi cadangan.

Ketua RAPI 3003 Lebak – Banten Babay Imroni mengatakan pengoptimalan radio pancar ulang ini juga sebagai salah satu upaya mitigasi kebencanaan dalam hal radio komunikasi.

“Kita coba optimalkan agar keberadaan RAPI bisa dirasakan masyarakat. Semua anggota Rapi dan para simpatisan bisa bergabung saling memberikan informasi, dalam upaya mitigasi kebencanaan dan khusus Lebak selatan kita fokuskan itu,” kata Babay kepada BantenHits.com, Jumat, 11Januari 2019.

Menurutnya, pengoptimalan juga dilaksanakan agar wilayah Lebak selatan dibawah komando RAPI 300301 Cimadur Lebak – Banten bisa tercover secara menyeluruh.

“Ya pengoptimalan ini juga bertujuan agar radio komunikasi tetap berjalan meskipun dalam kondisi  listrik padam,” tegasnya.

Sementara Ketua RAPI 300301 Cimadur Lebak – Banten Wildan Hidayatullah mengatakan sejauh ini ada empat radio pancar ulang yang ada di wialayah Kabupaten Lebak mulai dari radio pancar ulang di desa Cibarengkok, Link Darmasari Bayah, Crosslink interkoneksi dan Radio pancar ulang Aweh Rangkasbitung.

Wildan membeberkan pengoptimalan yang baru dilakukan di desa Cibarengkok Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak berupa pemasangan cadangan energi (batterai), antena dan kabel baru.

“Kita berusaha seoptimal mungkin, dan ini juga sebagai salah satu upaya mitigasi bencana dalam hal radio komunikasi,” katanya.

Wildan menyebutkan kedepan akan kembali mengoptimalkan bahkan membangun radio pancar ulang untuk memperluas cakupan wilayah yang tercover mulai dari link Malingping, link Cilograng, link Marine (terhubung dengan frekuensi kapal-kapal di kelautan), link UHF (koneksi dengan TNI) dan link Android.

“Sesuai dengan tufoksi keberadaan RAPI harus bisa bermanfaat untuk masyarakat dalam hal radio komunikasi,” jelasnya. (Rus)

Trending