Connect with us

METROPOLITAN

Kementerian Pariwisata Siapkan Rp 42 M untuk Pemulihan Pariwisata di Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda,  Banten Dapat Rp 9 M

Published

on

Menteri Pariwisata, Arif Yahya saat mengelar Rapat Koordinasi Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda Bangkit di Hotel Marbela Anyer, Serang, Jumat, 11 Januari 2019.

Menteri Pariwisata, Arif Yahya saat mengelar Rapat Koordinasi Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda Bangkit di Hotel Marbela Anyer, Serang, Jumat, 11 Januari 2019. Arif menyampaikan Kemenpar sediakan Rp 42 untuk pemulihan pariwisata di daerah terdampak tsunami Selat Sunda. (Istimewa)

Serang – Pasca Tsunami Selat Sunda, Kementerian Pariwisata menyiapkan sejumlah rencana aksi untuk mempercepat pemulihan pariwisata di Banten dan Lampung.

Rencana aksi itu akan difokuskan untuk pemulihan sumber daya manusia (SDM), Kelembagaan kepariwisataan, serta strategi promosi destinasi pariwisata yang tidak terkena dampak tsunami.

Selain itu, Kementrian Pariwisata juga akan melakukan pemulihan destinasi wisata yang hancur akibat tsubami selat sunda seperti Wisata Tanjung Lesung, Carita, Anyer dan wisata yang ada Lampung.

BACA :  Polisi Temukan Sajam Milik Suporter saat Akan Menonton Pertandingan Sepak Bola di Cilegon

“Kami berkomitmen melakukam pemulihan pariwisata di Banten dan Lampung, melalui strategi 3 pilar pariwisata yakni SDM dan kelembagaan pemasaran serta destinasi,” kata Mentri Pariwisata, Arif Yahya saat mengelar rapat Koordinasi pemulihan sektor pariwisata selat sunda bangkit di Hotel Marbela Anyer, Serang, Jumat, 11 Januari 2019.

Bahkan saat rapat kordinasi yang dihadiri oleh Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Kemenpar menyebut telah menyiapkan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 42 miliar untuk pemulihan pariwisata di dua provinsi terdampak tsunami itu.

“Silakan DAK sebanyak Rp 9 miliar untuk Banten dan Rp 33 miliar untuk Lampung digunakan untuk mempercepat recovery,” ujarnya.

BACA :  Pabrik Krim Obat Palsu di Balaraja Didanai Orang Pakistan dan India

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyambut baik Kemenpar untuk memulihkan sektor pariwisata yang terdampak bencana tsunami di Provinsi Banten. 

“Banten memiliki berbagai potensi pariwisata seperti wisata bahari, wisata religi, wisata alam, cagar budaya, wisata industri, serta MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), tentunya ini sangat bagus untuk kita,” ujarnya.(Rus)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler