Connect with us

Pemilu

Melanggar Aturan, Bawaslu Instruksikan Penurunan Baliho Gubernur Banten dengan Jokowi-Ma’ruf di Depan Mall TangCity

Published

on

Baliho Gubernur Banten Wahidin Halim bersama Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf di depan Mall TangCity dinyatakan melanggar. (Istimewa)

Serang – Ketua Bawaslu Banten Didi M Sudih akan segera mengintruksikan jajarannya untuk menurunkan baliho Gubernur Banten Wahidin Halim bersama Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 1 Jokowi-Ma’ruf yang terpasang di depan Mall TangCity.

“Gubernur atau kepala daerah tidak boleh menguntungkan atau merugikan salah satu calon. Gubernur boleh kampanye kalau ambil cuti,” ujar Didi kepada awak media di Bawaslu Banten, Senin, 14 Januari 2019.

BACA JUGA: Jokowi-Ma’ruf Menang Telak 96 Persen di Serang dalam Hal Pelanggaran Pemasangan APK Pilpres

Bawaslu Banten, kata Didin, akan menelusuri pemasang APK berupa baliho tersebut. Didih tidak menampik, kepala daerah boleh memasang foto dan mendukung pasangan capres asalkan ia adalah petinggi partai pengusung capres.

BACA :  Koordinator #2019GantiPresiden Sebut Deklarasi GNNP di Banten Akan Digelar Secara Masif

“Pakaiannya (Wahidin Halim di baliho) tidak menggunakan pakaian daerah. Difoto pakai baju partai boleh. Perlu didalami siapa yang masang, pembiayaannya dari mana. Kalau Bawaslu minta diturunkan saja karena gubernur (Wahidin Halim) bukan pimpinan partai politik di Banten,” jelasnya.

BACA JUGA: Marak Tersebar di Kabupaten Lebak, One Way Vision Jokowi-Ma’ruf Amin di Angkot Ditertibkan

Didih menegaskan, pihaknya akan memanggil dan mengklarifikasi pihak-pihak terkait, seperti pemilik iklanya untuk mencari siapa yang masang APK.

“Dalam konteks ini, sekali lagi beliau (Wahidin Halim) tidak dilarang kampanye. Tapi kampanye dibolehkan tidak di hari kerja atau cuti. Ini soal APK yang ini kita akan kaji ini menguntungkan atau merugikan. Pencopotan langsung dilakukan panwas di bawah. Prinsipnya kita akan imbau dulu ini yang masang gubernur atau orang lain,” pungkasnya.(Rus)

BACA :  Tuduhan Kubu Prabowo-Sandi soal Input Situng Bermasalah Terbukti, Bawaslu Nyatakan KPU Melanggar



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler