Connect with us

METROPOLITAN

Pelabuhan Warnasari Dinilai Dapat Mengatasi Antrean Kapal Muatan Barang di Banten

Published

on

Pelantikan Pengurus INSA Provinsi Banten

Pengurus INSA Provinsi Banten periode 2018-2022 dilantik,Rabu, 16 Januari 2019. Ketua INSA Provinsi Banten Agus Sutanto mengatakan, Pelabuhan Warnasari dapat mengatasi antrean kapal muatan barang di Banten. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Rencana Pemkot Cilegon membangun Pelabuhan Warnasari dirasa sangat dibutuhkan bagi industri pelayaran di Banten.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Indonesian National Shipowners Association (INSA) Provinsi Banten Agus Sutanto.

Menurut Agus, seusai groundbreaking pelabuhan milik Pemerintah Kota Cilegon pada 30 Agustus 2017 lalu, pelabuhan dinilai mampu mengatasi antrean kapal yang selama ini masih terjadi di tiga pelabuhan umum di Banten.

“Pelabuhan Warnasari itu dibutuhka untuk general cargo. Karena kita tahu di Banten ini cuma ada PT Pelindo II Banten, PT Krakatau Bandar Samudera dan Merak Mas. Sehingga kalau misalnya seperti cuaca buruk, kadang-kadang kan juga (kapal) susah masuk juga,” ujar Agus seusai Pelantikan DPC INSA Banten 2018-2022 di The Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Rabu, 16 Januari 2019.

BACA :  Perda Layanan Kesehatan Disahkan, Pemkot Tangerang Cover Biaya di Luar Tanggungan BPJS

Agus mengungkapkan, keberadaan Pelabuhan Warnasari begitu dibutuhkan. Pasalnya dengan melihat kunjungan kapal muatan barang sekitar 700 kapal per bulannya tidak sebanding dengan tiga pelabuhan barang yang ada di Banten.

“Kayak bulan lalu saja, kita kebingungan juga cari tempat. (Kapal) tol laut masuk ke sini beberapa waktu lalu, kita kebingungan nyari tempat. Karena Ciwandan penuh, Cigading penuh, Indah Kiat juga penuh juga. Jadi sangat dibutuhkan Warnasari Jadi saya pikir 4 pelabuhan umum sudah cukup,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengharapkan adanya dukungan besar dari pelaku usaha pelayaran di Banten untuk memajukan kemaritiman di Cilegon. Pasalnya diketahui hingga saat ini INSA telah bekerjasama dengan pemkot menggunakan jasa pandu dan tunda dari PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PT PCM) selaku BUMD Kota Cilegon.

BACA :  Pamit Kerja, Warga Tamansari Ditemukan Tewas Mengapung di Pelabuhan Merak

“Kan banyak bantu kita juga support PCM, INSA itu. Karena agen-agen dibawah dia itu, senangnya dengan PCM. Saya terimakasih sudah di support INSA. Mudah-mudahan saja,dia lebih suka dilayani kita,” tandasnya. (Rus)



Terpopuler