Connect with us

METROPOLITAN

Kota Tangsel Bakal Terima Dana Kelurahan Rp 20,9 M Tahun Anggaran 2019

Published

on

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Tangsel Warman Syanudin

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Tangsel Warman Syanudin mengungkapkan, Kota Tangsel akan mendapatkan Dana Kelurahan sebesar Rp 20,9 miliar. (BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Tangsel – Pemerintah Kota Tangsel bakal menerima Dana Kelurahan sebesar Rp 20,9 miliar dari pemerintah pusat. Dana tersebut akan dibagi untuk 54 kelurahan di Tangsel masing-masing mendapat Rp 388 juta.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Tangsel Warman Syanudin mengatakan,  berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, dana ratusan juta rupiah tiap kelurahan tersebut dipergunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

BACA :  Hendri Zein Yakin kembali Pimpin PDIP Kota Tangerang

Adapun dana kelurahan akan dikelola camat yang bertindak sebagai pengguna anggaran. Sementara lurah, kata Warman, bertindak menjadi kuasa pengguna anggaran. 

“Besaran totalnya dengan semua kelurahan Rp 20,9 milliar. Yang sesuai dengan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dan usulan-usulan dari kelurahan,” jelas Warman Syanudin, Sabtu 19 Januari 2019. 

“Nantinya di setiap kelurahan itu ada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK),” tambahnya. 

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany pun berencana bekerja sama dengan Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Tangsel. Tujuannya, mencegah penyalahgunaan dana kelurahan.

“Pasti ada, kita sedang meminta untuk pengawalan dari TP4D. Karena belajar dari dana desa, kita juga ingin ada pengawalan dari TP4D,” pungkas Warman.(Rus)

BACA :  Fakultas Diduga Bodong, UIN Ciputat Dituding Tipu Mahasiswa

Terpopuler