Debit Air Ciujung Meningkat, Warga Bantaran Sungai Diminta Waspada

Date:

Banjir akibat luapan Sungai Ciujung
Banjir akibat luapan Sungai Ciujung di Kabupaten Lebak, Februari 2017.(Dok. BantenHits.com)

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak mengimbau warga di bantaran sungai untuk mewaspadai debit air Ciujung yang meningkat akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lebak sehari penuh.

“Sudah kita sampaikan, warga untuk waspada dengan kondisi debit air ciujung, tidak perlu panik,” kata Komandan Tanggap darurat BPBD Lebak, Budi Santoso kepada BantenHits.com, Selasa, 22 Januari 2019.

Menurutnya, Tim BPBD dan relawan tengah siap siaga antisipasi terjadi bencana banjir ataupun longsor. Pasalnya sebagai daerah yang dikelilingi daerah aliran sungai dan perbukitan bencana longsor dan banjir rawan terjadi saat cuaca ekstrem.

“Segala kelengkapan dan logistik juga sudah siap,” ucapnya.

Sementara Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Lebak, Madias menyatakan, berdasarkan pemetaan yang telah dirilis sebelumnya, tercatat sebanyak 17 wilayah kecamatan yang terkategori rawan banjir.

Ke-17 kecamatan yang terkategori rawan banjir itu adalah, Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Cileles, Kalanganyar, Cigemblong, Muncang, Cimarga, Leuwidamar, Panggarangan, Gunungkencana, Malingping, Banjarsari, Bayah, Wanasalam, Cibeber, Cipanas serta Kecamatan Sobang.

“Kita mewaspadai di 17 kecamatan yang menjadi langganan banjir sehubungan memasuki musim penghujan itu. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir itu berada di 17 kecamatan. Ribuan warga yang tinggal di 17 kecamatan itu tinggal di sekitar aliran sungai, seperti Sungai Ciujung, Ciberang, Cisimeut, Cimadur, Cilangkahan, Ciliman dan Cidurian,” pungkasnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...