Connect with us

METROPOLITAN

KA Rangkasbitung – Labuan Jadi Koneksi Antar-destinasi Wisata

Published

on

Double track Kereta Api Tangerang-Jakarta

Reaktivasi Jalur Kereta Api atau KA Rangkasbitung – Labuan mulai dilakukan. FOTO Ilustrasi : Double track Kereta Api Tangerang-Jakarta. (ISTIMEWA)

Lebak – Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak mendampingi Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta –  Banten yang akan melakukan survei dan pengambilan foto udara jalur kereta api atau KA Rangkasbitung – Labuan, Rabu, 23 Januari 2019.

BACA JUGA: Survei dan Pengambilan Foto Udara untuk Reaktivasi Jalur KA Rangkasbitung – Labuan Dimulai Rabu Ini

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Lebak, Ajis Suhendi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lebak menyambut baik terobosan yang dilakukan Kementerian Perhubungan dengan melakukan reaktivasi jalur KA Rangkasbitung – Labuan. Pasalnya hal tersebut selaras dengan visi Kabupaten Lebak yang tengah menggenjot sektor pariwisata untuk mendongkrak perekonomian warga.

BACA :  Ada Karnaval Festival Cisadane di Jalan Benteng Jaya, Kendaraan Dialihkan ke Jalan Otista

Lebih lanjut, Ajis menjelaskan reaktivasi jalur KA Rangkasbitung – Labuan dalam konteks pengembangan pariwisata Lebak akan semakin memperkuat positioning destinasi wisata, khususnya di wilayah selatan yang didominasi wisata pantai mulai dari wisata pantai di Lebak selatan sebagai  penghubung jalur timur Jawa barat dengan Geopark Ciletuh dan Ekstensi jalur barat interkoneksi dengan KEK Tanjung Lesung.

“Ini masa depan yang cerah untuk Kabupaten Lebak, kita berharap dalam pelaksanaannya bisa berjalan lancar,” katanya.

BACA JUGA: Lahan Jalur KA Rangkasbitung-Labuan Mulai Ditertibkan PT KAI 2019

Sementara Kepala Dishub Lebak Sumardi mengatakan berdasarkan hasil pertemuan dengan balai teknik perkeretaapian wilayah Jakarta – Banten pemerintah pusat melalui APBN 2019 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk proses tahap awal reaktivasi jalur KA Rangkasbitung – Labuan.

BACA :  Tok! Zakat Fitrah Bagi Warga Lebak Rp30 Ribu

“Alhamdulillah, mulai hari ini kita mendampingi untuk survei dan foto lokasi melalui udara, dan tahap awal penertiban akan dilakukan pada tahun ini,” ujarnya.

Sumardi berharap proses reaktivasi jalur KA Rangkasbitung – Labuan ini dapat didukung masyarakat terutama saat penertiban bangunan yang terdapat di sepanjang jalur KA.

“Semoga masyarakat bisa mendukung, terutama mereka (warga) yang mendirikan bangunan di sepanjang jalur rel,” pungkasnya. (Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler