Connect with us

METROPOLITAN

Panen Jagung dan Melon Kuning di Teluk Naga, Zaki: Lahan Memang Terbatas Tapi Produktivitas Harus Tinggi

Published

on

Zaki Panen Jagung dan Melon Kuning di Teluk Naga

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat panen jagung dan melon kuning di Teluk Naga. (Dinas Infokom Kabupaten Tangerang)

Tangerang – Lahan pertanian di kota-kota besar, termasuk Kabupaten Tangerang sudah semakin terbatas. Namun, keterbatasan lahan bukan berarti tak bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat panen jagung dan melon kuning yang ditanam petani muda asal Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Rabu, 23 Januari 2019.

Pada panen jagung dan melon kali ini, Zaki terlihat semringah. Pasalnya, Zaki sudah melakukan beberapa kali kunjungan ke lahan pertanian yang dikelola Bagas. Zaki pun memetik langsung jagung dan melon di lahan tersebut.

Menurut Zaki, wilayah utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi di bidang pertanian holtikultura. Pemkab Tangerang akan mulai menggalakan ketahanan pangan pada 2019 yang merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang.

“Betul lahan semakin hari semakin terbatas, tapi yang paling penting inti dari kunjungan kita ke sini adalah bagaimana nanti kita ke depan sudah bisa mempersiapkan diri, bagaimana memanfaatkan lahan yang terbatas dengan produktivitas yang tinggi dan efisien,” kata Zaki seperti dilansir dalam keterangan tertulis.

“Ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang bukan hanya sawah dan padi lagi tapi juga sayur-mayur buah-buahan dan produk holtikultura yang lain menjadi varietas unggulan,” sambungnya.

Adanya pertanian holtikultura di Teluk Naga, lanjut Zaki, diyakini dapat membantu kebutuhan warga Kabupaten Tangerang yang setiap tahunnya terus meningkat di wilayah utara. Pertanian ini juga dapat membantu mengurangi angka pengangguran, karena ini salah satu contoh holtikultura ini dikelola para generasi muda untuk turun langsung dan bercocok tanam dan lebih produktif.

“Mudah mudahan panen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing masing. Ayo berkebun!” ucap Zaki.

Perwakilan PT East west Seed Indonesia wilayah Jabar dan Banten Budi Haryono mengatakan, pihaknya mengapresiasi dukungan Bupati Tangerang terhadap pengembangan pertanian holtikultura di Kabupaten Tangerang.

“Saya juga bangga dengan Mas Bagas yang sudah melaksanakan ini bersama para pemuda dan para santri untuk turut ikut serta dalam bercocok tanam. Mudah mudahan ini menjadi contoh baik bagi anak muda di wilayah untuk bersemangat dalam bercocok tanam,” ucap Budi.

Bagas, petani muda sukses yang mengelola lahan pertanian ini menambahkan, dirinya bangga terhadap Bupati Tangerang yang begitu peduli terhadap para petani.

“Semoga pemuda-pemuda di Kabupaten Tangerang tergerak dan dapat bersama sama menjadi pengusaha sayur mayur khususnya pemuda di Teluknaga,” ucap Bagas. (Rus)

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending