Connect with us

Pemilu

Gelombang Protes Keputusan KPU RI Meluas, Massa Duduki Kantor KPU Lebak

Published

on

MASSA DUDUKI KPU LEBAK

Massa dari Ormas Badak Banten menyegel Kantor KPU Lebak sebagai bentuk protes keputusan KPU RI yang mengambil alih proses seleksi calon anggota KPU Lebak. (BantenHits.com/ Fariz Abdullah)

Lebak – Massa dari berbagai organisasi masyarakat menduduki kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak di jalan Abdi negara nomor 8 Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kabupaten Lebak, Kamis 24 Januari 2019.

Massa yang tergabung kedalam ormas Badak Banten, Pemuda Pancasila dan Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) Orator mengaku kecewa terhadap keputusan KPU RI yang membatalkan secara sepihak hasil seleksi timsel.

“Kita aneh dan kecewa fit and proper Test sudah dilakukan oleh KPU Banten atas restu KPU RI pada 3 Januari 2019 dengan 10 nama yang sudah mengikuti tahapan Timsel, namun pada 21 Januari 2019 KPU RI membatalkan hasil tersebut bahkan mengganti beberapa nama yang diusulkan Timsel dengan nama-nama yang sudah jelas pada tahap wawancara saja sudah tersingkir,”kata Korlap aksi Agustian saat berorasi.

BACA :  PPK Saketi Buka 14 Posko GMHP, Salah Satuya di Kampus UNMA

BACA JUGA: Giliran Pemuda Lebak Suarakan Perlawanan terhadap Keputusan KPU RI: Pengambilalihan Seleksi Anggota KPU Lebak Rusak Independensi

Menurutnya, keputusan KPU RI dengan menganulir FPT yang dilaksanakan pada 3 Januari 2019 jelas telah bertolak belakang dengan PKPU nomor 7 tahun 2018 tentang seleksi anggota pemilihan umum Provinsi dan KPU Kabupaten/kota.

“Kita minta tangguhkan pelaksanaan FPT sekarang oleh KPU RI, sebelum ada legalitas hukum yang sah,” tegasnya.

BACA JUGA: KPU RI yang Coret Hasil Seleksi, Lima Calon Anggota KPU Lebak Layangkan Surat Protes

Sementara Indra Bayu, Wakil Ketua Badak Banten Kabupaten Lebak menjelaskan proses seleksi calon anggota KPU Kabupaten Lebak sudah tidak sehat beberapa intervensi sudah dilayangkan kepada Timsel agar meloloskan dua atau tiga incumbent.

BACA :  Ustaz Temen Ngopi Gubernur Banten Bikin Surat Terbuka soal Pemecatan Enam Guru yang Pose Dua Jari, Isinya Jleb Banget

“Sudah tidak sehat, masa ada komisioner KPU Banten minta timsel meloloskan incumbent, kita hanya minta proses seleksi ini fair, adil dan terbuka tanpa adanya KKN,” katanya.

BACA JUGA: Seleksi Anggota KPU Lebak Kacau; Hasil Tes Psikologi Bocor dan Beredar Percakapan WA Diduga Komisioner KPU Banten Minta Loloskan Satu Peserta

Indra menyayangkan dalam proses pemilihan komisioner saja sudah kisruh. Padahal komisioner yang terpilih akan segera menjadi pelaksana pemilihan presiden dan legislatif.

“Kita secara tegas mempertanyakan ada apa dengan KPU RI? Peserta yang sudah jelas tidak lolos saat seleksi wawancara namun bisa mengikuti Fit And Proper Test ulang hasil koreksi KPU RI,” pungkasnya.

BACA :  Prabowo "Menggebrak" Ungkap Rancang Bangun Ekonomi Indonesia Keliru, Sandiaga Perkuat dengan Strategi Kerakyatan

Puluhan Massa yang menduduki kantor KPU juga melakukan penyegelan atas dasar kecewanya keputusan yang diambil KPU RI.

Reporter: Fariz Abdullah
Editor: Darussalam Jagd Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler