Pimpin Rapat Penyusunan Roadmap TPID Provinsi Banten, Pj Sekda Ungkap Strategi Supaya Harga Pangan Tetap Terjangkau

Date:

Rapat Penyusunan TPID Provinsi Banten Tahun 2019-2021
Pj Sekda Banten Ino S. Rawit pimpin Rapat Penyusunan Roadmap TPID Provinsi Banten Tahun 2019-2021 di ruang transit Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten atau KP3B, Kecamatan Curug, Kota Tangerang, Kamis, 24 Januari 2019. (Foto: Sub. Bagian Peliputan dan Dokumentasi BIro ARTP Setda Provinsi Banten)

Serang – Tim Pengendali Inflasi Daerah atau TPID Banten menyiapkan program  keterjangkauan harga  pangan melalui optimalisasi operasi pasar komoditas bahan makanan strategis. Selain itu, dibentuk juga toko pangan di setiap pasar-pasar utama di kabupaten/kota untuk mempersingkat jalur distribusi dan ketersediaan pangan.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Penyusunan roadmap TPID Provinsi Banten Tahun 2019-2021 di ruang transit Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten atau KP3B, Kecamatan Curug, Kota Tangerang, Kamis, 24 Januari 2019. Rapat tersebut dipimpin Penjabat Sekretaris Daerah atau Pj Sekda Banten Ino S Rawita.

Melalui keterangan tertulis Ino mengatakan, rapat membahas roadmap TPID Provinsi Banten Tahun 2019-2021. Roadmap ini sangat penting karena bagaimana penanganan ketahanan pangan di Provinsi Banten selama kurun waktu 2019-2021. Penyusunan roadmap harus sinkron, baik di kabupaten/kota maupun di provinsi dan tingkat nasional.

Ino mengharapkan roadmap yang dihasilkan tidak terpisah dari RPJMD yang dimiliki Provinsi Banten.

“Anggota TPID harus melakukan diskusi agar menghasilkan roadmap yang dibutuhkan oleh masyarakat Provinsi Banten,” kata Ino.

Penyusunan roadmap TPID melibatkan OPD yang terkait, di antaranya Dinas Pertanian yaitu kaitan dengan perencanaan pelaksanaan produksi bahan pokok data produksi harus disesuaikan antara yang ada di RPJMD dengan roadmap yang akan disiapkan.

Sedangkan Dinas Ketahanan Pangan yaitu menyiapkan data kesediaan pangan dan pengelolaannya serta satgas pangan. Sementara, Dinas Perindutrian dan Perdagangan yaitu mengenai tata niaga,stabilitas harga dan penataan jalur distribusi.

“Hasil penyusunan roadmap ini akan disampaikan ke pusat k pada akhir triwulan ini dan sebelum disampaikan ke pusat kita akan uji bersama dan kita paparkan dulu kepada pak Gubernur sebagai ketua TPID Provinsi,” terang Ino.

Penyusunan roadmap pengendalian inflasi daerah Provinsi Banten Tahun 2019-2021, lanjutnya, sesuai dengan surat Mendagri no.500/9590/sj perihal hasil pelaksanaan Rakorpusda TPID tahun 2018.

Rapat tersebut turut dihadiri dari Perwakilan Bank Indonesia  Banten dan PerumBulog DKI Jakarta dan Banten.

Reporter: Maryadi
Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...