Tatu Gelontorkan Rp 2,6 M untuk Pembangunan dan Rehabilitasi Pondok Pesantren

Date:

Bupati Serang Ratu Ratu Chasanah saat peresmian gedung Pondok Pesantren Miftahul Hidayah
Bupati Serang Ratu Ratu Chasanah saat peresmian gedung Pondok Pesantren Miftahul Hidayah, Desa Rancasumur, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Rabu, 23 Januari 2019.

Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terus meningkatkan jumlah bantuan untuk pembangunan atau rehabilitasi pondok pesantren (ponpes). Bahkan tahun ini akan dibantu sebanyak 13 ponpes dengan total anggaran hingga Rp 2,6 miliar. Sementara tahun lalu, telah dibantu pembangunan 5 pondok pesantren. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com, setiap pondok pesantren, rata-rata mendapatkan anggaran pembangunan hingga Rp 200 juta.

“Program kita serahkan kepada pihak pondok. Kita serahkan kepada pesantren apa yang harus dibangun,” kata Tatu di sela-sela peresmian gedung Pondok Pesantren Miftahul Hidayah, Desa Rancasumur, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Rabu, 23 Januari 2019.

Tatu menambahkan, bantuan pembangunan infrastruktur pondok pesantren merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Serang. Pendidikan nonformal di pondok pesantren dinilai memiliki peran penting untuk menyeimbangkan keilmuan pengetahuan umum dan pendidikan keagamaan. 

“Pendidikan formal kita tangani melalui dinas. Sementara pendidikan nonformal kita kerja sama dengan pondok pesantren,” kata Tatu.

Sekadar diketahui, pada tahun 2018 Pemkab Serang telah memberikan bantuan pembangunan untuk 5 ponpes dengan total anggaran Rp 981 juta. Pada tahun ini, Tatu secara khusus mengintruksikan tambahan bantuan menjadi 13 pondok pesantren dengan total anggaran Rp 2,6 miliar. 

“Semoga, setiap tahun bantuan untuk pondok pesantren bisa terus meningkat,” tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Miftahul Hidayah, Kiai Ahmad Hairudin menyambut baik bantuan yang telah diberikan Bupati Serang dan digunakan untuk merehabilitasi bangunan asrama putri dan MCK. Sebelumnya pihaknya telah mengajukan pemohonan bantuan terlebih dahulu kepada Bupati Serang dan direalisasikan dengan baik. 

“Harapan kami, membangun Kabupaten Serang, juga harus dilakukan dari sisi keagamaan. Membangun generasi yang beriman dan bertakwa. Harapan kami ini ternyata sudah sejalan dengan program yang dilakukan Pemkab Serang. Alhamdulillah pengajuan kami pun direspons baik oleh Ibu Bupati Serang,” pungkasnya.

Reporter: Mahyadi
Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...