Kantor Pos Rangkasbitung Akui Telah Kirim 10 Karung Tabloid Indonesia Barokah ke Masjid dan Pesantren

Date:

bawaslu kota tangerang temukan 150 ampol berisi tabloid indonesia barokah di kantor pos
Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim (memegang amplop) saat memeriksa 150 amplop berisi Tabloid Indonesia Barokah di Kantor Pos Tangerang.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Lebak– Sebanyak 10 karung Tabloid Indonesia Barokah sudah tersebar di wilayah Kabupaten Lebak. Penyebaran tabloid yang menuai reaksi masyarakat ini diprediksi sudah merata di seluruh pesantren, masjid, musala, dan yayasan di Lebak.

“Iya betul kita sudah terima tabloid dari tanggal 11 Januari 2019. Total ada 10 karung tabloid yang kami terima, dan itu semua sudah didistribusikan ke alamat tujuan,” kata Yoyo Rahmat Manajer Antaran PT Pos Indonesia Cabang Rangkasbitung kepada awak media, Jumat, 25 Januari 2019.

BACA JUGA: Tabloid Indonesia Barokah Sudah Tersebar di Seluruh Wilayah Banten, 4 Ribu Esksemplar Berhasil Dicegah Edar Bawaslu

Menurutnya, tabloid tersebut disimpan didalam amplop coklat dengan cap perangko, dan alamat tujuan. Tidak ada alamat atau nama pengirim didalamnya.

Lebih jauh Yoyo mengaku, sebelumnya Pos Rangkasbitung sudah mendapatkan informasi dari kantor Pos Jakarta Selatan bahwa akan ada pengiriman tabloid untuk seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Lebak.

“Satu desa itu ada sekitar 30 tabloid, semakin banyak Ponpes di desa maka akan semakin banyak tabloid yang diterima. Pokoknya, setiap Ponpes yang terdaftar di Depag (Departemen Agama) itu pasti dapat,” imbuhnya.

Beredar informasi pengembalian tabloid, Yoyo membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan pengembalian atau return sebanyak 50 tabloid. Return tersebut dilakukan karena tidak adanya alamat yang jelas di amplop coklat berisikan tabloid tersebut.

Terkait permintaan Bawaslu yang meminta kantor Pos untuk menunda pendistribusian Tabloid Indonesia Barokah, pihaknya meminta Banwaslu untuk menyerahkan surat secara resmi kepada kantor Pos.

“Kita minta surat resminya, itu untuk penguatan kita kepada kantor pusat,” ujarnya.

BACA JUGA: Hendak Disebar ke Masjid-masjid dan Pondok Pesantren, Bawaslu Kota Tangerang Temukan 150 Amplop Berisi Tabloid Indonesia Barokah di Kantor Pos Tangerang

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Lebak Odong Hudori mengaku baru mendapatkan informasi mengenai peredaran tabloid Indonesia Barokah di Kabupaten Lebak pada Kamis, 24 Januari 2019.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, sebagai bentuk implementasi UU nomor 7 tahun 2017 pasal 1 tentang penyelenggaraan Pemilu, pihaknya segera berkoordinasi dengan Kantor Pos Rangkasbitung sebagai tindakan pencegahan penyebaran tabloid tersebut.

“Tindakan awal kami adalah berkoordinasi dengan Kantor Pos dan akan dilanjutkan dengan menyisir tempat mana saja tabloid itu tersebar,” ucapnya.

Odong mengungkapkan, pihaknya telah menemukan satu Tabloid Indonesia Barokah di salah satu yayasan di Kecamatan Muncang, yakni Yayasan Al Kausar. Namun, tabloid tersebut tidak lah di sita karena, Bawaslu sendiri tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan hal tersebut.

Terkait konten menyudutkan salah satu Capres-cawapres, Odong mengaku belum dapat memastikan hal tersebut karena pihaknya sendiri belum melihat isi tabloid tersebut.

“Kita belum bisa melihat secara langsung, tapi terus terang Banwaslu pusat dan pihak terkait lainya sedang melakukan pengkajian akan isi dari tabloid tersebut,” ungkapnya.

Reporter: Fariz Abdullah
Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...