Ramai-ramai Gugat KPU RI, Giliran Tiga Mantan Timsel Anggota KPU Lebak Tempuh Jalur Hukum

Date:

MASSA DUDUKI KPU LEBAK
Massa dari Ormas Badak Banten menyegel Kantor KPU Lebak sebagai bentuk protes keputusan KPU RI yang mengambil alih proses seleksi calon anggota KPU Lebak. (BantenHits.com/ Fariz Abdullah)

Lebak – Tiga mantan tim seleksi (Timsel) rekruitmen calon anggota KPU Lebak memutuskan untuk menggugat KPU RI. Sebelumnya lima calon anggota KPU Lebak juga menggugat KPU RI ke Peradilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Banten.

BACA JUGA: Lima Calon Anggota KPU Lebak yang Dicoret KPU RI Layangkan Gugatan ke PTUN

Ikhsan Ahmad mantan ketua Timsel ketika dihubungi wartawan mengatakan mantan timsel yang diwakili oleh tiga orang memutuskan untuk menggugat KPU RI. Dasar penggugatan karena KPU RI bersikukuh pelaksanaan koreksi dan fit and proper test dilandasi atas kinerja tim seleksi yang telah salah prosedur.

“Iya betul kita gugat. Kami pernah diundang KPU RI untuk mengklarifikasi hal ini, kami sudah jelaskan. Ternyata klarifikasi ini KPU RI hanya memberikan dua opsi kepada timsel, mau mengkoreksi hasil atau membiarkan KPU RI yang mengkoreksi,” kata Ikhsan kepada awak media, Kamis, 24 Januari 2019.

BACA JUGA: Desak KPU Jelaskan Percakapan WA Komisioner Minta Loloskan Tiga Nama Peserta Seleksi, Massa yang Duduki KPU Lebak Bubar

Menurutnya, gugatan akan dilayangkan langsung kepada tiga pihak mulai dari PTUN, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hingga Ombudsman ini buntut dari KPU RI yang bersikeras menilai timsel telah salah prosedur.

“Timsel sudah coba menjelaskan pada pelaksanaan rekruitmen kita sudah menempuh semua prosedur, tahapan dan peraturan yang berlaku, tapi tidak ada titik temu juga sehingga kita menggugat untuk membuktikan,” ucapnya.

Ikhsan menilai supervisi KPU RI juga lemah terhadap timsel, padahal KPU Banten melakukan supervisi terus menerus kepada timsel dan komunikasi terus menerus.

“Ini sebagai pembelajaran agar KPU RI juga bisa mengkoreksi diri,” tegasnya.

Reporter: Fariz Abdullah
Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...