Connect with us

METROPOLITAN

RSU Tangsel Tangani 141 Pasien DBD, PMI Tangsel Siapkan Kantong Darah 

Published

on

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Tangsel Suhara Manulang

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Tangsel Suhara Manulang. (BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Tangsel – Dalam dua pekan terakhir RSU Tangsel sudah menangani 141 pasien yang terjangkit virus DBD. Virus ini diketahui telah menjangkiti warga Tangsel sejak awal 2019.

“Hingga minggu kedua Januari 2019 ada 141 pasien,” kata Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Tangsel Imbar Umar Gozali saat dikonfirmasi, Sabtu 26 Januari 2019.

Untuk mengantisipasi kekurangan darah, PMI Tangsel sudah menyiapkan langkah antisipasi terkait stok darah yang dibutuhkan ke depan. PMI akan memenuhi kebutuhan darah jika diperlukan rumah sakit manapun.

Sejauh ini PMI Tangsel sudah menjalin kerja sama dengan 18 rumah sakit. Salah satunya RSU Tangsel.

BACA :  Peringatan Hari HAM Sedunia, Front Perjuangan Rakyat Sebut Rezim Jokowi Pendindas

“Untuk persiapan darah, kita sudah siap. Kita dari awal juga sudah membuat langkah antisipasi terkait kebutuhan darah. Dalam hal ini, kita membuat manajemen bank darah dan langkah apa saja yang akan kita lakukan untuk mencukupi kebutuhan darah di Kota Tangsel,” ujar Kepala Unit Transfusi Darah PMI Tangsel Suhara Manulang.

PMI Tangsel akan rutin melakukan safari donor darah ke berbagai tempat. Apalagi saat ini PMI memiliki mobile unit yang selalu bergerak mencari pendonor darah. Tujuannya, agar stok atau kantong darah yang selalu cukup.

“Target kita setiap tahun untuk kecukupan kantong darah ini selalu ditingkatkan. Kalau tahun ini, kita targetkan bisa menyiapkan 3 ribu kantong darah. Tentu target ini harus kami siasati agar tercapai,” pungkas Suhara.

BACA :  Anggur Berformalin Ditemukan di Kabupaten Lebak

Reporter:  Ade Indra Kusuma
Editor:  Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler