Rakyat Banten Kuat Inginkan Perubahan, Perjuangan Jokowi-Ma’ruf yang Habis-habisan Hanya Raih 31,82 Persen di Survei Puskaptis

Date:

JOKOWI HADIRI DEKLARASI DUKUNGAN KELUARGA CHASAN SOCHIB
Jokowi-Ma’ruf seusai menghadiri deklarasi dukungan dari keluarga besar Chasan Sochib. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Tangerang – Pasangan Calon Presiden Nomor Urut 01 Jokowi-Ma’ruf menjadi pasangan yang paling jor-joran alias habis-habisan berjuang menarik simpati warga Banten. Hal tersebut terlihat dari jumlah kunjungan dan masifnya pelibatan orang berkuasa di Banten dalam gerakan pemenangan pasangan ini.

BACA JUGA: Membandingkan Gaya Capres Berkunjung ke Banten; Jokowi Temui Orang Berpengaruh, Prabowo Menyapa Warga Pedalaman

Hal sebaliknya justru diperlihatkan Pasangan Capres-cawapres Nomor Urut 02 Prabowo-Sandi. Pasangan ini terbilang irit berkunjung ke Banten. Bahkan, nyaris tak ada ingar-bingar barisan elit di Banten dalam gerakan pemenangan pasangan ini.

BACA JUGA: Menyoroti Jumlah Kunjungan Capres-Cawapres ke Banten; Jokowi-Ma’ruf Habis-habisan, Prabowo-Sandi Santai

Meski pasangan Jokowi-Ma’ruf sudah habis-habisan meyakinkan warga Banten, namun warga Banten ternyata lebih banyak yang menyukai sosok pemimpin baru. Warga Banten juga menginginkan perubahan.

BACA JUGA: Jokowi-Ma’ruf Menang Telak 96 Persen di Serang dalam Hal Pelanggaran Pemasangan APK Pilpres

Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil survei periode Januari 2019 Lembaga Survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis). Proses survei dilakukan pada 8 sampai 14 Januari 2019.

Dikutip dari viva.co.id, Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid mengatakan, dari surveinya, pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno unggul atas Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada empat Provinsi di Pulau Jawa, salah satunya Banten.

Di Provinsi Banten yang gubernurnya merupakan kader Partai Demokrat namun membelot menjadi Tim Penasihat TKD Jokowi-Ma’ruf, pasangan Prabowo-Sandi meraih 60,23 persen dan Jokowi-Ma’ruf 31,82 persen.

BACA JUGA: Terkait Foto Billboard bersama Jokowi-Ma’ruf, Gubernur Banten Wahidin Halim Mangkir dari Pemeriksaan Bawaslu

“Empat wilayah keunggulan Prabowo-Sandi diantaranya, di DKI Jakarta, Prabowo-Sandi mendapatkan angka sebesar 53,49 persen, sementara pasangan Jokowi-Ma‘ruf 38,37 persen. Jawa Barat pasangan Prabowo-Sandi 60,48 persen, untuk Jokowi-Ma‘ruf 28,23 persen. Wilayah Banten Prabowo-Sandi 60,23 persen dan Jokowi-Ma’ruf 31,82 persen. Keunggulan tersebut diperkuat Provinsi DI Yogyakarta, kedua pasangan Prabowo-Sandi 51,61 persen dan Jokowi-Ma’ruf 41,94 persen,” kata Husin di Jakarta Pusat, Selasa 29 Januari 2019.

Menurut Husin, keunggulan Prabowo-Sandi di empat provinsi karena rakyat lebih menyukai sosok pemimpin baru, ingin adanya perubahan.

“Prabowo-Sandi lebih mumpuni, pantas dan pro rakyat serta berkarakter tegas. Namun dua Provinsi lain yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur pasangan Jokowi-Ma’ruf mengungguli pasangan nomor urut 02,” ucapnya.

 

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...