Connect with us

METROPOLITAN

Roboh Sebelum Diresmikan, Kontraktor Jembatan Gantung Proyek Kementerian PUPR yang Sedot Duit Negara Rp 15 M ‘Misterius’

Published

on

Jembatan gantung proyek Kementerian PUPR roboh

Sejumlah pekerja tampak memasang rangka Jembatan Gabus, Rabu, 30 Januari 2019. Jembatan gantung proyek Kementerian PUPR senilai Rp 15 M di Desa Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang ini, roboh sebelum diresmikan, Sabtu, 26 Januari 2019.(BantenHits.com/ Sheba Wibisono) 

Tangerang – Jembatan Gantung Gabus yang berada di Kampung Kramat Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, roboh sebelum diresmikan, Sabtu, 26 Januari 2019.

Warga sekitar tak ada yang mengetahui penyebab robohnya jembatan tersebut. Warga hanya tahu, jembatan sedang dalam tahap finishing dan belum digunakan warga.

“Warga tidak ada yang tahu penyebab jembatan tersebut ambruk,” ungkap Jaenudin,(37), warga Kampung Kramat Solear kepada BantenHits.com, Rabu, 30 Januari 2019.

BACA :  Terpidana Korupsi Jamkesmas Direktur RSUD Adjidarmo Lebak dapat Cuti Bersyarat

“Jembatan kondisi saat itu masih tahap finishing namun tiba-tiba jembatan tersebut ambruk,” jelasnya.

Pantauan BantenHits.com di lokasi, sejumlah pekerja terlihat sudah mulai membangun kembali jembatan tersebut. Sebuah crane disiagakan di lokasi untuk menyambung potongan beton konstruksi jembatan.

Dikutip dari viva.co.id, jembatan tersebut diketahui proyek Kementerian Pekerjaa Umum dan Perumahan Rakyat atau Kementerian PUPR. Proyek ini sebagai sarana umum untuk menghubungkan Tangerang-Serang. Pada pekerjaan tersebut diketahui menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 dengan nilai pagu anggaran Rp15 miliar.

Plang Pengawasan Proyek Jembatan Gantung Gabus yang roboh

Sebuah plang pengawasan Kejati Banten dan LKPP terpasang di lokasi jembatan gantung Gabus yang roboh sebelum diresmikan. (BantenHits.com/ Sheba Wibisono)

Kontraktor Misterius

BACA :  Pemkot Tangerang Diminta Lindungi Angkutan Konvensional

Yang mengherankan, meski proyek tersebut merupakan proyek Kementerian PUPR, namun tak diketahui siapa kontraktor proyek tersebut. Padahal, jamaknya sebuah proyek pemerintah, biasanya selalu terpasang papan proyek.

Namun, pantauan BantenHits.com di lokasi, tak papan proyek terpasang di sekitar proyek. BantenHits.com malah menemuk plang berlogo Kejaksaan Tinggi Banten dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Plang tersebut bertuliskan, “Paket Kegiatan Pembangunan Jembatan Gantung Gabus CS. Dikawal oleh Tim Pengawal dan Pengaman Percepatan Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D) Kejati Banten dan Diadvokasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP)”.

Reporter: Sheba Wibisono
Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler