Connect with us

METROPOLITAN

Ratusan Buruh FSP KEP Cilegon Demo PT NS BlueScope Steel Indonesia

Published

on

Ratusan buruh dari FSP KEP Cilegon demo PT NS BlueScope Steel Indonesia.

Ratusan buruh dari FSP KEP Cilegon demo PT NS BlueScope Steel Indonesia. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Minyak Gas Bumi dan Umum atau FSP KEP Kota Cilegon melakukan aksi unjuk rasa di depan PT NS BlueScope Steel Indonesia. Buntut aksi unjuk rasa buruh tersebut akibat adanya pemutusan kontrak oleh perusahaan terhadap PT BCS hingga berdampak PHK terhadap 75 orang karyawannya. 

“Sebelum unjuk rasa kami sudah melakukan hearing dengan pak  plt wali kota dan kadisnaker, tapi PT BlusScope dan BCS ini seolah-olah tidak mau mematuhi aturan. Jadi diundang-undang itu kan jelas apabila PHK sebelum habis masa kontrak maka sisa kontrak harus dibayar, tapi ini tidak ada itikad itu,” ujar Eli Idris, Wakil Ketua Bidang Advokasi SP KEP PT BCS.

BACA :  Resmi Dilantik, FKDT Desak Pemkab Tangerang Bantu Anggaran

Eli mengatakan dalm proses negosiasi yang sebelumnya dilakukan diketahui bahwa BlueScope dan BCS sepakat akan memberikan uang kompesasi kurang lebih Rp 23 juta untuk masing-masing karyawan yang terkena PHK. Namun para buruh menolak pasalnya managemen perusahaan  tidak mengikuti aturan yang berlaku. 

“Kita sisa kontraknya kan 18 bulan lagi, dikali dengan UMK yang berlaku saat ini berarti kurang lebih Rp 65 juta .Jadi, Rp 23 juta yang akan diberikan pihak perusahaan itu jauh dari harapan teman-teman,” paparnya. 

Eli menegaskan bahwa para buruh akan terus melakukan berbagai upaya agar perusahaan dapat memperkerjakan kembali para buruh yang terkena PHK.

“Intinya aksi unjuk rasa ini menuntut agar tidak ada PHK, tapi kalau memang PHK itu tetap tidak bisa dihindari maka hak-hak kami harus diselesaikan sesusai dengan undang-undang, ” tegas Eli. 

BACA :  Bola Panas Kasus TPPU Suami Wali Kota Tangsel Terus Bergulir, Mantan Pejabat Pemprov Banten Beberkan Pemberian Uang untuk Rano Karno

Pantauan di lokasi unjuk rasa, unjuk rasa buruh tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian itu hingga kini masih berlangsung. Para buruh mengancam akan menginap di depan pintu masuk PT NS BlueScope Steel Indonesia jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Reporter: Iyus Lesmana
Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 




Photos

  • Videos


  • Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    1 of 3
    Video Redaksi
    2 of 3
    Video Redaksi
    3 of 3
  • Terpopuler