Connect with us

METROPOLITAN

Digodok Jadi Raperda, Biaya Transportasi Haji di Tangsel Bakal Gratis 

Published

on

Anggota Komisi II DPRD Tangsel Syihabudin Hasyim

Anggota Komisi II DPRD Tangsel Syihabudin Hasyim mengungkapkan DPRD Tangsel tengah mengkaji untuk menggratiskan transportasi haji. (BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Tangsel – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif tentang Penyelenggaran Haji. Melalui Raperda itu, biaya transportasi haji di Tangsel dari daerah asal ke tempat pemberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi, maupun dari tempat kedatangan jamaah haji ke daerah asal sedang digodok untuk digratiskan.

Biaya transportasi tersebut akan dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangsel.

Anggota Komisi II DPRD Tangsel Syihabudin Hasyim menjelaskan, kalau dasar munculnya Raperda tersebut karena penyelenggaraan ibadah haji menjadi tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah. Sehingga harus memberikan pelayanan administrasi, kesehatan, akomodasi, dan transportasi guna menunjang pelaksanaan ibadah haji.

BACA :  Ular Piton Sepanjang 4 Meter Muncul di Atap Rumah Warga, Polisi Minta Bantuan Petugas BKSDA

“Kami membuat perda inisiatif tentang penyelenggaraan haji, terutama terkait bantuan transportasi untuk jamaah haji, agar lebih mudah, nyaman, aman, lancar serta kepastian dalam perjalanan ibadah hajinya,” katanya, Senin 4 Februari 2019. 

Pria yang akrab disapa Syihab ini mengatakan, saat ini Raperda penyelenggaran haji masih proses pembahasan. Raperda yang mengatur transportasi haji tersebut, kata dia, merupakan tanggung jawab pemerintah daerah. Hal itu sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

“Masih proses pembahasan. Karena ini amanat undang-undang, makanya kita berkewajiban untuk membuat regulasi untuk mengatur transportasi haji,” tambahnya.

Untuk penggunaan dan lainnya ia mengaku belum bisa menggambarkan secara pasti.

BACA :  Bupati Zaki 'Bebenah Pasukan': Ratusan Pejabat di Kab. Tangerang Terdampak

“Masih proses pembahasan. Jadi belum bisa dijelaskan berapa biaya yang harus dianggarkan. Raperda ini hanya mencakup pada pelayanan bagi jamaah haji. Di dalamnya, bukan hanya sekedar akomodasi, tetapi juga konsumsi dan bagasi,” tukasnya. 

Reporter:  Ade Indra Kusuma
Editor:  Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler