Connect with us

Pemilu

KPU Kota Serang Terima 476.470 Surat Suara dari 471.355 yang Dibutuhkan

Published

on

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Serang, Senin, 4 Februari 2019 menerima 957 dus/boks berisi 476.470 surat suara. Surat suara tersebut dikirim dari percetakan di Surabaya.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran mengatakan,  surat suara yang diterima pihaknya Senin ini merupakan surat suara  caleg DPRD Kota Serang untuk dapil 1 sampai 6.

“Jadi totalnya surat suara ada 476.570 (yang diterima), sedangkan kebutuhan KPU Kota Serang 471.355. Ada selisih 5.215. Itu kan baru surat suara caleg kota, untuk surat suara DPRD Provinsi, RI, DPD dan Pilpres akan dikirim pada 6 dan 9 februari,” ujar Ade kepada awak media temui di gudang penyimpanan logistik pemilu, Jalan Jamak Sari, Nomor 44  Kota Serang.

Serelah menerima surat suara tersebut,  lanjutnya,  KPU Kota Serang melakukan pengecekan untuk mencocokkan  jumlah surat suara yang diterima.  Kemudian melakukan penyortiran.

“Benar enggak jumlahnya. Siapa tahu kurang atau lebih dan pas, habis ini kita lakukan pelipatan, sortir. Tapi sebelumnya kita rakor dengan Bawaslu, kepolisian, pemkot. Rakor untuk memastikan pelipatan. Termasuk ngecek kategori surat rusak dan tidaknya,” jelasnya.

Ade mengutarakan, jika ada kelebihan surat suara, pihaknya akan buat berita acara kelebihan dan akan dimusnahkan bersama pihak Bawaslu dan Polri.

“Jika ada kekurangan kita akan mintakan penyedia atau percetakan. Kita hanya menerima saja, bahwa tindak pengawalan dari kepolisian saat dikirim dari Surabaya,” paparnya.

“Kita hanya bisa menyampaikan ke KPU RI dan kita kasih tembusan ke pusat kenapa tidak ada pengawalan. Kita hanya bisa kawal bersama Polresta Kota Serang dari pintu keluar dari tol serang timur,” pungkasnya.

Reporter:  Mahyadi
Editor:  Darussalam Jagad Syahdana

Trending