Connect with us

METROPOLITAN

Dari Tradisi Yu Seng hingga Dewa Cai Sen Ya Bagi-bagi Angpao, Ini Kemeriahan Imlek di Tangsel 

Published

on

Perayaan Imlek 2570 di Vihara Kwan In Thang, Pamulang, Senin malam, 4 Februari 2019

Perayaan Imlek 2570 di Vihara Kwan In Thang, Pamulang, Senin malam, 4 Februari 2019.(BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Tangsel – Perayaan malam imlek 2570 di Vihara Kwan In Thang, Pamulang, Senin 4 Februari 2019 berlangsung meriah. Ratusan pengunjung yang hadir kompak menggunakan baju serba merah. 

Turut hadir Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan, Dandim 0506 Tangerang Letkol Inf. Faisol Izudin, Asda 1 Rahmat Salam dan Kepala Kantor Kemenag Tangsel Abdul Rojak. Serta dihadiri pula oleh tokoh agama di Tangsel. 

Kemeriahan dimulai pukul 20.00 WIB dengan kehadiran barongsai. 

Ratusan pengunjung yang memadati vihara, terlihat kompak mengenakan pakaian serba merah. Setelah itu para tamu undangan ikut dalam tradisi Yu Sheng. 

Yu Sheng sendiri merupakan makanan dari campuran sayuran seperti salad, dan merupakan simbol kemakmuran.

“Sebenarnya biasanya tradisi Yu Sheng diadakan satu minggu setelah Imlek. Tapi karena susah lagi ngumpulnya, kita biasakan adakan di hari H,” ujar Tan Untung Sutikno, pengurus vihara Kwan In Thang.

Setelah pukul 23.00 WIB, Dewa Rezeki Cai Sen Ya, hadir di tengah vihara. Dewa yang satu ini turun dari mobil. Cai Sen Ya simbol dewa rejeki dalam acara ini hanya tiruan yang diperankan salah seorang pria jemaat Kwan In Thang.

“Dia yang ngebagiin angpao ke anak-anak,” ujarnya.

Jelang pukul 24.00 WIB pergantian hari, petasan dinyalakan. Sampai sekira pukul 00.30 WIB, Selasa 5 Februari 2019, para pengunjung baru meninggalkan vihara.

Reporter: Ade Indra Kusuma
Editor: Darussalam Jagad Syhadana

Trending