160 Posisi Kepala Sekolah SD dan SMP di Lebak Kosong

Date:

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi.
Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi.(Banten Hits.com/ Fariz Abdullah)

Lebak – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak mencatat hingga tahun 2019 sebanyak 160 posisi kepala sekolah mulai dari sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah Pertama (SMP) di 28 Kecamatan Kabupaten Lebak kosong. 

“Kekosongan karena memang ada yang sudah memasuki masa pensiun, naik jabatan hingga meninggal dunia,” kata kepala Dindikbud Lebak Wawan Ruswandi kepada BantenHits.com, Rabu, 6 Februari 2019.

Wawan menjelaskan, dari 160 jabatan kepala sekolah yang kosong 143 diantaranya merupakan kepala sekolah SD sedangkan untuk SMP ada sebanyak 17 posisi kepala sekolah.

“Itu baru sampai tahun 2019, belum lagi nanti hingga tahun 2024 akan ada 483 posisi kepala sekolah yang kosong,” ujarnya.

Namun, sambung Wawan, untuk mengatasi persoalan tersebut Pemerintah Kabupaten Lebak telah menyiapkan sedikitnya 199 calon kepala sekolah untuk menempati posisi yang kosong.

“Tidak sembarangan juga menentukannya, calon kepala sekolah ini harus mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) seperti yang kita lakukan kemarin, Senin, 4 Februari 2019 lalu,” bebernya.

Wawan mengaku, Diklat dilakukan untuk menindaklanjuti terbitnya Permendikbud nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah. Dimana didalamnya secara jelas tertuang setiap guru yang dicalonkan menjadi kepala sekolah harus mengikuti diklat hingga lulus serta mendapatkan sertifikat kepala sekolah.

“Jadi kita tidak bisa mengganti atau mengisi jabatan kepala sekolah yang kosong seenaknya, harus kepala sekolah yang memiliki sertifikat,” pungkasnya.

Reporter: Fariz Abdullah
Editor:  Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...