Connect with us

beritautama

Pasien Jamkesmas Penderita Hepatitis Kronis Meninggal setelah Semalaman Hanya Diberi Infus di RSUD Banten

Published

on

Pasien hepatitis kronis yang diduga ditolak RSUD Banten

Pasien hepatitis kronis yang diduga ditolak RSUD Banten meninggal dunia.(Istimewa)

Serang – Domin Mulyana (59), pasien penderita hepatitis kronis, warga Komplek Makmur Jaya, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, meninggal dunia dengan kondisi memilukan tanpa penanganan medis memadai, Selasa, 5 Februari 2019.

Sebelum meninggal, Domin harus merasakan buruknya pelayanan kesehatan di Banten, mulai dari puskesmas hingga RSUD Banten.

Taufik Hidayat (28) tetangga korban menceritakan, pasien Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) itu awalnya menderita sakit hepatitis, sehingga dilarikan ke Puskesmas Serang.

“Sabtu (2/2/2019) sore sekitar pukul 14.30 WIB, Domin dibawa ke Puskesmas Serang Kota,” Kata Taufik, Kamis 7 Februari 2019.

Setibanya di puskesmas, pasien dirujuk ke RSUD Banten karena kondisi yang semakin melemah. Rujukan tersebut tanpa dilengkapi surat resmi, meski sebelumnya keluarga sudah meminta.

Namun sesampainya di RSUD Banten, pasien hanya diberi infus tanpa penanganan medis lainnya. Padahal saat itu, wajah dan matanya sudah menguning. Pasien juga tidak diberi ooksige

“Malam itu kita minta dirawat inap. Tapi kata dokter sudah penuh hingga harus menunggu. Justru sepanjang malam menunggu ada yang datang untuk rawat inap selain Jamkesmas dan BPJS (diterima). Ini kan enggak adil,” jelasnya.

Sepanjang malam hingga Minggu siang, Somi tak mendapatkan penanganan medis memadai. Hingga akhirnya keluarga membawanya pulang dengan rasa kecewa.

Karena kondisinya sudah lemah, Domin menghembuskan nafas terakhir pada Selasa 5 Februari 2019 di rumahnya.

Belum ada konfirmasi dari pihak RSUD Banten terkait hal ini. BantenHits.com masih mengupayakan konfirmasi.

Peristiwa: Engkos Kosasih

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending