Connect with us

beritautama

Tiga Jam Terombang-ambing di Selat Sunda,  KMP BSP I yang Terbakar Berhasil Dievakuasi ke Pelabuhan Merak

Published

on

KMP BSP I Terbakar

KMP BSP I yang terbakar di Perairan Selat Sunda. (Istimewa) 

Cilegon – Setelah tiga jam terombang-ambing di perairan Selat Sunda, kapal motor penumpang atau KMP BSP I akhirnya berhasil sandar di Dermaga IIII Pelabuhan Merak,  Kamis malam, sekira pukul 21.15 WIB.

Petugas gabungan yang terdiri dari pihak kepolisian, Basarnas, KSOP, PMI dan instasi terkait langsung melakukan evakuasi penumpang yang sebelumnya berada di dalam kapal penumpang milik PT Tri Sumaja Lines.

Pantauan di lokasi penumpang KMP BSP 1 langsung dievakuasi oleh petugas di dermaga III dan dilanjutkan menuju Terminal Terpadu Merak menggunakan bus yang sebelumnya sudah disediakan oleh petugas. Sementara, kendaraan di dalam kapal turun dan diperbolehkan melanjutkan perjalanan. 

Api Berasal dari Deck Kapal

Evakuasi penumpang KMP BSP I

Evakuasi penumpang KMP BSP I di Dermaga III Pelabuhan Merak. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Joko (40), salah satu penumpang kapal yang berhasil di wawancarai BantenHits.com mengungkapkan, percikan api yang di KMP BSP I berasal di deck bagian bawah kapal.

“Semua penumpang pada panik semua, karena kru kapalnya pakai life jaket tapi penumpangnya tidak pakai life jaket makanya panik, tidak lama penumpang juga pake life jaket,” ujar Joko.

Joko mengatakan, akibat kebakaran yang diduga terjadi di ruang mesin tersebut membuat ia bersama penumpan lainnya harus bertahan di dalam kapal hinga berjam-jam lamanya. 

“Sampai berhasil sandar itu saya tiga jam di atas kapal, harapan saya peralatan keselamatan di kapal diperbanyak karena tadi kurang. Tadi aja pas nyemprot air buat padamin api selangnya putus,” bebernya. 

Kepala KSOP Kelas I Banten Herwanto mengatakan, api muncul dari kamar mesin kapal sekitar pukul 18.00 WIB ketika hendak menunggu sandar di Dermaga I Pelabuhan Merak. Api berhasil dipadamkan pukul 19.00 WIB oleh kru kapal dibantu kapal lain.

“Nakhoda atas nama Sumarjono, itu laporan dari nakhodai yang kami terima, jumlah penumpang total 196. Jumlah kendaraan 14 truk sedang, 10 truk kecil, dan 6 truk besar, semua penumpang kami pastikan selamat dan ABM melakukan penyelamatan sesuai sop,” tandasnya.

Reporter:  Iyus Lesmana
Editor:  Darussalam Jagad Syahdana

 

 

Trending