Connect with us

METROPOLITAN

Pemuda-pemuda Kreatif Ini Gagas Destination for Care untuk Pulihkan Ekonomi Warga Terdampak Tsunami

Published

on

 

Korban Tsunami di Kecamatan Sumur Keluhkan Minimnya Tim Evakuasi dan Bantuan Logistik

Dampak kerusakan akibat tsunami di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Korban meninggal di Kecamatan Sumur mencapai 40 orang. Sementara korban luka mencapai 60 orang. Warga dilaporkan masih banyak yang belum ditemukan.(BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Sejumlah pemuda di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang akan menggelar Destination for Care, 15-17 Februari 2019.

Destination for Care merupakan sebuah agenda untuk memulihkan perekonomian warga Kecamatan Sumur, Pandeglang paska diterjang tsunami Selat Sunda, 22 Desember 2018 lalu. 

Perekonomian warga terdampak tsunami saat ini memang belum pulih secara total, khususnya di bidang pariwisata pantai mengingat kebanyakan warga Sumur mengais rejeki dari pantai.

Agenda tersebut akan digelar Pemuda Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, bersama group band regea Roompoet Hijau, Rumah Madu, Pandeglang Hunting Photography (PHP), Ujung Kulon Adventure, pegiat media sosial (medsos) dan awak media itu.

“Agenda ini merupakan program pemulihan perekonomian di wilayah Kecamatan Sumur paska tsunami, terutama untuk kalangan pemuda dan nelayan,” kata Qodoy, personil band Roompoet Hijau, Sabtu 9 Februari 2019.l

Menurut Qodoy agenda Destination for Care Sumur di antaranya penanaman pohon sampai perjalanan ke pulau yang biasa menjadi lokasi wisata dan hancur tersapu tsunami Selat Sunda.

Ratusan pohon butun dan ketapang akan ditanam di sekitar pesisir dan pulau terdampak tsunami, seperti Pulau Oar, Badul, Mangir, Handeuleum, dan Pulau Peucang. 

“Upaya ini juga membutuhkan support dari seluruh pihak, agar warga Sumur kembali menjalani kehidupan secara normal,” ujarnya.

Para pemuda dan seluruh pegiat Destination for Care, secara urunan mencari dana untuk mengadakan acara tersebut. Mereka pun membuka bantuan donatur untuk agenda sosial itu, untuk memperkuat ekonomi dan kehidupan sosial warga Sumur.

“Harapan kami, pemuda Sumur kembali berani melaut dan membuka lagi trip destinasi wisata pulau-pulau tersebut, atau sekurangnya menjadi pemandu wisata. Jika ini berjalan, sudah tentu perekonomian mereka kembali pulih,” harapnya.

Reporter: Engkos Kosasih
Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending