Connect with us

METROPOLITAN

Jokowi Cairkan Anggaran BPJS Kesehatan Maret dan April 2019

Published

on

Presiden Jokowi ketika memberikan sambutan pada acara Rakernas Kemenkes, di ICE BSD. Di hadapan peserta capres nomor urut 01 ini mengaku tidak mudah mengurus 17 ribu pulau di Indonesia.(BantenHits.com/Gerri Bermara)

Tangerang – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan akan mencairkan anggaran BPJS Kesehatan yang nilainya mencapai triliunan rupiah pada Maret dan April 2019.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa, 12 Februari 2019.

Di hadapan para peserta Rakernas Kemenkes dari seluruh Indonesia, Jokowi menyinggung soal defisit dana BPJS Kesehatan.

“Kalau urusan BPJS yang ditunggu-tunggu biasanya ini. Pengurusan Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebenarnya,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku, pemerintah tidak akan abai dengan kondisi BPJS Kesehatan. Bahkan di 2018 pemerintah sudah memberikan suntikan dana hingga Rp 6,38 triliun.

“Awal Maret Rp 2,1 triliun. Awal April Rp 6,3 triliun. Tapi melalui audit BPKP. Masa langsung kirim-kirim enak banget,” ucap Jokowi.

Meski harus diaudit, Jokowi meyakinkan alokasi anggaran itu akan turun. Dia menegaskan, yang terpenting PBI tidak terlambat.

Dengan turunnya anggaran tersebut, Jokowi berharap, semua pihak bisa bekerja dengan baik. Karena menurutnya, salah satu faktor defisit adalah mengenai faktor informal dan bukan pekerja.

“Pemerintah akan terus membantu menyehatkan dalam pengelolaan BPJS Kesehatan kita. Sehingga yang sehat bukan hanya masyarakat, tapi BPJS juga, rumah sakitnya juga sehat,” tutup Jokowi.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending