Connect with us

Pemilu

Tujuh Pernyataannya saat Debat Tak Sesuai Fakta, Jokowi : Salah Dikit Enggak Apa-apa

Published

on

Jokowi menanggapi santai soal tudingan penggunaan earpice saat debat putaran kedua.

Pandeglang – Presiden Joko Widodo alias Jokowi memberikan data-data yang keliru pada saat debat Calon Presiden 2019 yang kedua, Minggu malam, 17 Februari 2019.

Kesalahan data yang disampaikan Jokowi terungkap lewat Cek Fakta yang dilakukan kolaborasi 24 media online bersama Google dan sejumlah lembaga. Penelusuran BantenHits.com, sedikitnya ada tujuh pernyataan Jokowi yang diketahui salah setelah dilakukan Cek Fakta.

BACA JUGA: Terungkap Tujuh Pernyataan Jokowi di Debat Capres Tak Sesuai Fakta, #JokowiBohongLagi Ramai di Twitter

Salah satu, kekeliruan Jokowi yakni soal kebakaran hutan. Jokowi mengklaim sejak tiga tahun terakhir tidak ada kebakaran hutan. Pernyataan ini bahkan langsung dibantah oleh Greenpeace Indonesia melalui akun twitternya. Menurut Greenpeace dari tahun 2015 sampai dengan sekarang masih terjadi kebakaran hutan.

BACA :  Dijatuhi Sanksi DKPP, Komisioner KPU Tangsel Aktif di Parpol Tetap Bertugas

Menanggapi soal kekeliruan tersebut, Jokowi berdalih jika data yang ia sampaikan merupakan data dari kementerian yang ia bawahi.

“Setahu saya data yang saya paparkan (saat debat) dari kementerian, dari lembaga-lembaga saya,” kata Jokowi usai menghadiri acara simulasi Siaga Bencana di Panimbang, Senin, 18 Februari 2019.

Meski demikian, Jokowi tidak menyebut secara persis data tersebut dari kementrian mana. Jokowi menilai kesalahan tersebut hanyalah  sedikit.

“Ya kalau (salah) dikit-dikit enggak apa-apalah, dikit aja,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler