Connect with us

METROPOLITAN

Peringati HPSN 2019, Wali Kota Tangsel Diingatkan Soal TPA Cipeucang Dibiarkan Rusak Bertahun-tahun

Published

on

Kondisi TPA Cipeucang yang dibiarkan rusak dan mencemari sungai Cisadane. (Geri bermara/BantenHits).

Tangsel– Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda menghadiri acara Hari Peduli Sampah Nasional Tahun atau HPSN 2019 di Jaletreng Riverpark, Serpong, Kota Tangsel, Minggu, 24 Februari 2019. Dalam Kesempatan tersebut Airin diingatkan soal kondisi Tempat Pemnbuangan Akhir atau TPA Cipeucang yang dibiarkan rusak bertahun-tahun.

Baca Juga: Peringati HPSN 2019, Forkopimda Tangerang Selatan Komitmen Wujudkan Tangsel Bersih

Beberapa aktivis lingkungan sudah bertahun-tahun berteriak soal kondisi TPA Cipeucang di jalan Kapling Nambo Nomor 51, Serpong, Tangerang Selatan yang bermasalah. Salah satunya Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH) Indonesia yang meminta Pemkot Tangerang selatan segera memperbaiki kodisi TPA Cipeucang agar tidak ada lagi sampah yang bersentuhan langsung dengan aliran sungai Cisadane yang notabene banyak dimanfaatkan warga.

“Ketika air sungai Cisadane meluap sampah yang ada di bibir sungai terbawa arus hingga ke hilir sungai Cisadane. Hal itu terjadi karena tidak adanya pagar pembatas antara gunung sampah dengan sungai,”Herman Felani Koordinator YAPELH.

Sementara Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengaku akan membangun sheet pile untuk membatasi sampah dengan bibir sungai di TPA Cipeucang agar menghindari sampah terbawa arus ketika sungai meluap.

“Kan sudah, tahun ini akan kita akan bikin sheet pile. Nanti Pak Toto (Kepala Dinas Lingkungan Hidup) akan menjelaskan, sudah ada sedang tahapan lelang,”ucapnya.

Airin berharap pembangunan sheet pile dapat menjadi solusi agar sampah tidak mencemari sungai Cisadane yang banyak dimanfaatkan warga.

“Mudah-mudahan itu menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan itu semua disamping PLTSA dan yang lainnya,”harapnya.

Trending