Connect with us

METROPOLITAN

Direktur RSUD Kota Tangerang Ungkap Detik-Detik Evakuasi 160 Pasien

Published

on

Wali kota Tangerang, Arief R Wismansyah didampingi Direktur RSUD Kota Tangerang Feriansyah ketika melakukan peninjauan. (Istimewa).

Tangerang– RSUD Kota Tangerang terbakar pada Senin, 25 Februari 2019 malam. Kebakaran yang diduga terjadi akibat dari panel listrik yang berada di lantai 2 menyebabkan ratusan pasien beserta keluarga panik dan berhamburan menyelamatkan diri.

Baca Juga: RSUD Kota Tangerang Terbakar saat Tengah Malam, Ratusan Pasien Rawat Inap Diungsikan

Direktur RSUD Kota Tangerang dr. Feriansyah mengungkapkan perlu waktu 7 jam untuk melakukan evakuasi 160 pasien menuju rumah sakit rujukan akibat kebakaran yang terjadi. Beberapa kendala dialami pihak RSUD Kota Tangerang sehingga memakan waktu cukup lama proses evakuasi, salah satunya soal ketersediaan ruangan di rumah sakit lainnya.

“Ketersedian ambulan juga menjadi penghambat, hanya belasan yang siap dari beberapa rumah sakit dan PMI. Komunikasi ke rumah sakit rujukan pun ada prosesnya,”kata Feri saat meninjau pasien di halaman Kantor Kelurahan Kelapa Indah, Selasa, 26 Februari 2019.

Feri membeberkan, proses evakuasi pasien selesai pada pukul 07.00 WIB. Seluruh pasien dengan penyakit yang berbeda-beda dirujuk ke rumah sakit terdekat yang telah di cover BPJS.

“Kita upayakan untuk memberikan penanganan secepatnya. Seluruh pasien kita rujuk ke rumah sakit terdekat sesuai dengan penyakitnya,”bebernya.

Baca Juga: Operasional RSUD Kota Tangerang Berhenti, Labfor Polda Metro Jaya Selidiki Penyebab Kebakaran

Feri menyebutkan beberapa rumah sakit yang menjadi RSUD Kota Tangerang yakni RS EMC, RSUD Kabupaten Tangerang, RS Awal Bros, RS Mayapada, RSUD Balaraja, RS Sitanala, dan Puskesmas.

“Seluruh pasien sudah kita evakuasi,”tuturnya.

Saat ini, sambung Feri pihaknya bersama kepolisian akan melakukan investigasi penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Kebakaran yang diduga dari terbakarnya salah satu panel di gardu listrik RSUD Kota Tangerang yang berada di lantai 7.

“Kita masih menunggu pihak kepolisian dan pihak berwenang lainnya untuk melakukan investigasi penyebab kebakaran. Hari ini semoga bisa selesai semua,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending