Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Kemenperin Target 20 Ribu IKM Baru Tumbuh Dalam 5 Tahun Kedepan

Published

on

Ratusan pelaku wirausaha ketika mengikuti Bimtek yang diselenggarakan Kemenperin. (Istimewa).

Tangsel– Kementerian Perindustrian atau Kemenperin menargetkan sektor Industri Kecil Menengah (IKM) terus tumbuh dalam lima tahun kedepan. Targetnya 20 ribu IKM akan tumbuh tersebar di tanah air.

“Target kami adalah 20 ribu IKM baru tumbuh dibagi dalam 5 tahun,” kata Kepala Subdirektorat IKM Alat Angkut pada Kemenperin, Irvan Kuswardana pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru IKM dan Aneka, di Saphire Sky Hotel and Conference BSD, Senin, 25 Februari 2019.

Bimtek yang dihadiri 150 pelaku wirausaha baru di Tangsel itu merupakan salah satu program Kementrian Perindustrian dalam usaha untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru, khususnya IKM.

“Peserta diberikan pengenalan secara teknis dan permodalan untuk tumbuh menjadi wirausaha baru. Kami juga berikan bantuan subsidi bagi IKM yang membeli mesin dalam rangka peningkatan kapasitas. Bagaimana cara membuat produk sesuai dengan standar,”lanjutnya.

Baca Juga: Ratusan Pedagang dan IKM di Kabupaten Lebak Diberikan Pemahaman Ritel Modern

Anggota Komisi VI DPR RI Inas Nasrullah Zubir mengatakan bahwa Indonesia harus bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah. Karena keinginan pemerintah bagi rakyat Indonesia bukan hanya menjadi TKI, tapi bagaimana rakyat bisa berdiri dengan kakinya sendiri.

“Melakukan pelatihan ini penting untuk menjadi wirausaha, namun bukan hanya perindustrian saja tapi bisa didukung oleh BUMN, sehingga kita harapkan masyarakat di Tangsel mampu untuk membangun usahanya,”terangnya.

Nasrullah berharap baik dari hasil berlatih, tidak hanya diberikan bimbingan dan pelatihan saja tapi setelah itu ada tindak lanjutnya.

“Kepala Daerah juga harus bisa jadi Public Relation, dimana bisa mempromosikan produk yang ada di wilayahnya. Sehingga bisa lebih terkenal ke luar daerah. Dengan adanya pembeli dari luar daerah maka bisa menumbuhkan perekonomian,”ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah

 

Trending