Connect with us

GAYA HIDUP

S.W.A.T Calisthenics Sodorkan Solusi Tubuh Bugar Tanpa Biaya Mahal

Published

on

Anggota S.W.A.T Calisthenics ketika foto bersama. Komunitas pencinta tubuh bugar ini memberikan beberapa solusi untuk masyarakat Kota Tangerang yang menginginkan tubuh bugar dengan biaya yang irit. (Istimewa).

Tangerang– Kondisi tubuh bugar dan sehat menjadi idaman seluruh masyarakat di pelosok negeri. Berbagai cara untuk menciptakan tubuh yang bugar  akan dilakukan mereka yang menginginkan bentuk tubuh proporsional.

Ya, Street Workout menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa menjadi referensi masyarakat Kota Tangerang untuk menciptakan kondisi tubuh bugar dan sehat tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

Baca Juga:  Tetap Bugar saat Cuaca Ekstrem ala Liza Puspadewi

Street Workout Ahmad Yani Tangerang Calisthenics atau S.W.A.T Calisthenics komunitas yang berisikan penggemar olahraga Street Workout Kota Tangerang ini mengajak seluruh masyarakat untuk menciptakan kondisi tubuh yang bugar dengan biaya yang terbilang irit.

Founder S.W.A.T Calisthenic Dede Eka Putra Fauzi menjelaskan street workout adalah latihan calisthenics atau bodyweight training yang menggunakan berat tubuh sendiri untuk melatih otot. Latihan ini dilakukan di jalanan atau lebih tepatnya outdoor.

“Karena street workout ini dilakukan di luar ruangan, tentunya kita tidak dapat menemukan alat-alat seperti yang terdapat di gym atau tempat fitnes. Jadi hanya menggunakan tubuh sendiri atau teman untuk latihan. Bila diperlukan juga menggunakan fasilitas seperti bar dan tiang,” ujar Dede Eka Putra Fauzi, Founder S.W.A.T Calisthenic, Sabtu, 2 Februari 2019.

Dede mengaku S.W.A.T Calisthenics terbentuk pada 4 mei 2014. Diawali dari empat orang anggota dan dalam kurun waktu tujuh bulan berkembang menjadi kurang lebih 50 anggota. Terdiri dari laki-laki dan perempuan berusia 16 sampai 50 tahun, mulai dari pelajar SMA sampai pekerja.

“Kita tidak mengikat berapapun usianya yang penting dia mau sehat dan bugar dengan caranya sendiri. Hingga kini anggota kita sudah mencapai ratusan orang,” jelas pria yang akrab disapa Dev ini.

Dalam Calisthenics sendiri, lanjut Dev, kita diajarkan untuk olahraga dengan tiga teknik dasar, yaitu Push Up, Pull Up dan Squat. Setelah mahir selama hampir setahun latihan, barulah kita bisa belajar untuk freestyle dengan meloncat, jungkir balik di atas bar dan benda lainnya.

“Kalau untuk free style harus yang sudah mahir dan jago itu juga harus ada pengawasan yang baik dari profesional,” jelasnya. 

Bagi anda yang tertarik bergabung dengan komunitas ini, kata Dev, tidak perlu khawatir. Anda tinggal ikut latihan di Alun- Alun Ahmad Yani Tangerang setiap Selasa dan Kamis jam 7 malam. Serta setiap Sabtu dan Minggu jam 4 sore.

“Tidak ada syarat khusus, yang penting mau sehat dan bugar saja,”ucapnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending